Home » Traveling » Top 10 Universitas Termahal di Indonesia Kedokteran 2022

Top 10 Universitas Termahal di Indonesia Kedokteran 2022

Saat ini, menjadi orang yang berpendidikan adalah suatu keharusan. Tidak hanya pendidikan sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA), pendidikan lanjutan hingga perguruan tinggi juga harus dilakukan oleh semua anak agar menjadi manusia yang lebih mampu berpikir kritis dan memiliki masa depan yang lebih baik.

Jika 12 tahun mengajar dari SD hingga SMA dilakukan di sekolah, maka perguruan tinggi atau universitas adalah rumah bagi anak-anak yang telah lulus sekolah dan ingin menjadi sarjana. Berbeda dengan ketika seorang siswa masih duduk di bangku sekolah, dimana siswa tersebut diwajibkan untuk mempelajari semua mata pelajaran, setelah masuk perguruan tinggi, siswa bebas memilih mata kuliah yang diinginkannya.

Ada banyak universitas atau kampus untuk belajar di Indonesia yang terdiri dari dua jenis yaitu negeri dan swasta. Tentu saja, setiap kampus menawarkan kualitas dan biaya studi yang berbeda. Ada beberapa kampus yang murah, dan ada juga yang biaya UKTnya sangat mahal.

Lantas apa saja universitas termahal di Indonesia tahun 2022? Ayo, lihat dulu.

1. Universitas Presiden

UKT per semester: Rp. 30.000.000

foto oleh: jababekaresidence.com

President University adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di kawasan Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kampus yang berada di bawah naungan Jababeke Industry ini memang dikenal sebagai salah satu yang paling bergengsi di Indonesia, fasilitas yang ditawarkan juga lengkap. Selain itu, mereka juga menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan multinasional lho.

Maka tak heran jika biaya UKT per semester untuk President University sangat mahal, mencapai 30 juta rupiah. Namun, biaya UKT yang dibayarkan per siswa dapat bervariasi tergantung pada beasiswa yang diberikan. Anda mungkin menerima beasiswa dari rapor atau tes masuk Anda. Namun, ada IPK minimal yang harus dicapai jika ingin mendapatkan beasiswa.

Mata kuliah yang ditawarkan kampus ini juga beragam, antara lain akuntansi, manajemen, ilmu administrasi, teknik komputer, sistem informasi, desain, teknik industri, teknik mesin, teknik elektro, teknik lingkungan, teknik sipil, hubungan internasional, ilmu komunikasi, hukum dan sekolah dasar. . pelatihan guru sekolah.

2. Universitas Swiss Jerman

UKT per semester: Rp. 27.500.000 – Rp. 30.000.000

foto oleh: liputan6.com

Swiss German University (SGU) merupakan perguruan tinggi swasta di kawasan Tangerang yang menempati urutan kedua kampus termahal di Indonesia. Kampus ini mempekerjakan sejumlah besar pekerja asing untuk mengajar mahasiswanya. Selain itu, mahasiswa juga dapat melamar magang di luar negeri dan mengikuti program gelar ganda untuk Jerman dan Swiss.

Kursus yang tersedia di kampus ini meliputi teknik mekatronik, teknik industri, teknik komputer, bisnis dan manajemen, perhotelan dan pariwisata, bisnis kuliner internasionalakuntansi dan analisis data, komunikasi strategis globalRekayasa Makanan, teknik kimia farmasi, Teknik biomedisdan energi dan lingkungan yang berkelanjutan.

3. Institut Teknologi Bandung

UKT per semester: Rp. 0 – Rp. 25.000.000

foto oleh: liputan6.com

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri termahal di Indonesia. Sesuai dengan namanya, kampus ini terletak di Bandung dan sebagian besar mata kuliahnya berkaitan dengan teknik, kecuali Fakultas Desain dan Seni Rupa (FSRD) dan Manajemen Bisnis (SBM).

ITB merupakan perguruan tinggi negeri, sehingga sudah berdiri sejak lama dan telah menghasilkan banyak alumni yang sukses. Maka tidak heran jika banyak orang yang ingin kuliah di ITB. Biaya yang harus dibayar juga berbeda-beda tergantung rombongan.

4. Universitas Ciputra Surabaya

UKT per semester: Rp. 8.500.000 – BRL 36.000.000

foto oleh: college-saturday-sunday.com

Tidak hanya di sekitar Jakarta, Surabaya juga memiliki salah satu universitas termahal di Indonesia, Universitas Ciputra. Sesuai dengan namanya, kampus elit ini berada di bawah naungan Ciputra Group. Perlu dicatat bahwa Universitas Ciputra telah melahirkan banyak wirausahawan sukses sehingga mutu dan mutu pendidikannya terjamin.

Kursus yang tersedia di kampus ini banyak di bidang akuntansi, bisnis internasional, kewirausahaan, arsitektur, desain komunikasi visual, desain produk dan bisnis fashion, psikologi, informatika, sistem informasi, bisnis pariwisata dan perhotelan, bisnis kuliner, komunikasi, teknik makanan, kedokteran.

Biaya yang harus dibayar per semester juga bervariasi tergantung program studi. Tidak hanya UKT, Anda juga harus membayar biaya SKS yang berkisar antara Rp. 450.000 – BRL 700.000 per semester.

5. Universitas Pelita Harapan

UKT per semester: Rp. 16.500.000 – BRL 52.500.000

gambar oleh: harga.web.id

Tentu kebanyakan orang belum mengenal kampus ini. Kampus ini telah lama dijuluki “kampus sultan” dengan stereotip bahwa mahasiswanya biasanya kelas menengah ke atas. Biaya per semester memang mahal, namun sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan.

Jurusan yang ditawarkan di kampus ini juga sangat bervariasi mulai dari kedokteran, akuntansi, bisnis, perhotelan, pariwisata, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, seni musik, bioteknologi, matematika terapan, teknik sipil, teknik makanan, hukum. , psikologi , ilmu komunikasi, hubungan internasional dan banyak lagi.

6. Universitas Trisakti

UKT per semester: Rp. 14.500.000 – BRL 32.325.000

foto oleh: ticket.co

Ada lagi, universitas yang sudah lama dikenal sebagai “kampus Sultan” di mata publik, Universitas Trisakti. Tak hanya itu, peristiwa yang terjadi pada Mei 1998 itu membuat nama kampus ini semakin tenar. Kampus ini memiliki banyak guru besar yang ahli di bidangnya masing-masing dan juga telah melahirkan banyak alumni ternama.

Program studi yang tersedia di kampus ini juga beragam, antara lain kedokteran umum dan kedokteran gigi, ekonomi pembangunan, bisnis, akuntansi, teknik sipil, arsitektur, teknik mesin, dan banyak lagi.

7. Institut Pertanian Bogor

UKT per semester: Rp. 2.400.000 – BRL 12.000.000

foto oleh: tirto.id

Sesuai dengan namanya, IPB merupakan lembaga pertanian negara yang berlokasi di Bogor. Meski begitu, IPB memiliki tiga kelompok studi yaitu sosial ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kedokteran hewan dan bisnis. Biaya UKT yang harus dibayarkan juga tergantung rombongan karena IPB adalah kampus negeri.

Meskipun universitas negeri, ada program internasional yang bisa Anda ambil untuk berbagai program studi. Tentunya dengan biaya UKT yang jauh lebih mahal ya sekitar 20-30 juta rupiah.

8. Universitas Tarumanegara

UKT per semester: Rp. 8.400.000 – Rp. 25.900.000

foto oleh: education.sindonews.com

Ada lagi, kampus swasta yang masuk dalam daftar universitas termahal di Indonesia, yakni Universitas Tarumanegara. Ada beberapa mata kuliah yang bisa diambil di kampus ini, baik dalam bidang teknologi dan sains, sosial humaniora, kesehatan, maupun seni dan desain. Biaya yang harus dibayar juga bervariasi tergantung pada program studi yang diambil.

9. Universitas Binus Internasional

UKT per semester: Rp. 21.000.000 – BRL 75.000.000

foto oleh: binus.ac.id

Sesuai dengan namanya, kampus ini merupakan salah satu universitas yang terkenal dengan pendidikan internasionalnya. Tidak hanya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, mahasiswa juga berkesempatan untuk belajar di berbagai kampus di seluruh dunia yang bekerja sama dengan Binus International University.

10. Universitas Katolik Atmajaya

UKT per semester: Rp. 6.225.000 – Rp. 42.500.000

foto: republika.co.id

Atmajaya merupakan salah satu perguruan tinggi swasta Katolik yang biaya semesterannya cukup mahal. Namun, ada banyak program studi yang bisa dipilih di kampus ini lho dan fasilitasnya sebanding.

Ini adalah daftar universitas dengan biaya UKT termahal di Indonesia tahun 2022. Bagi siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, pilih universitas terbaik untuk Anda. Jika kamu merasa tidak bisa masuk ke salah satu kampus di atas, masih banyak universitas lain yang tidak kalah bagusnya, namun biayanya tidak terlalu mahal.

Apakah Anda punya rekomendasi lain?? Komen di bawah ya guys!

Catatan: Semua data di atas adalah data terbaru pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Anda perhatikan, beri tahu kami agar kami dapat segera memperbaikinya.

Bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis dan ingin dimasukkan ke dalam artikel di atas, silahkan isi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Leave a Comment