Home » Traveling » Top 10 Gambar Burung Kicau Termahal Di Dunia Tahun 2022 Daftar Jenis

Top 10 Gambar Burung Kicau Termahal Di Dunia Tahun 2022 Daftar Jenis

Burung adalah salah satu hewan yang paling disukai orang untuk dipelihara, bersama dengan kucing, anjing, dan ikan. Ada banyak alasan mengapa orang menyukai burung, bisa karena fisiknya yang mengesankan seperti warna bulu, jambul atau matanya, dan bisa juga karena suara dan perilakunya.

Suara kicauan burung juga bisa menjadi alasan mengapa orang menyukai hewan yang disebut manuk ini dalam bahasa Jawa. Setiap burung memiliki suara kicau yang berbeda, dan itu bisa menjadi daya tarik tersendiri. Sebab, kicaunya yang merdu mampu menyejukkan hati banyak orang.

Oleh karena itu, harga burung kicau bisa sangat fantastis, apalagi jika burung tersebut sudah pernah menang atau sudah sering memenangkan lomba. Namun, untuk memenangkan persaingan, aquarists harus bisa menjaga burungnya berkicau dengan baik agar bisa tumbuh menjadi hewan yang berkualitas.

Nah, penasaran apa saja burung kicau termahal di Indonesia 2022 dan foto-fotonya? Mari kita lihat dulu:

1. Pegangan batu

Harga: BRL 2.000.000

foto oleh: animal.com

Pertama, ada burung murai batu sebagai salah satu burung kicau termahal di Indonesia. Spesies ini bahkan mendapat julukan raja burung kicau di negeri ini lho. Tubuh kecil dengan berat 29 gram. Meski bertubuh kecil, hewan ini cukup populer di dunia burung.

Habitat aslinya adalah di pulau Sumatera, Jawa dan Semenanjung Malaysia. Selain itu, murai batu juga memiliki banyak variasi diantaranya Medan, Nias, Lampung, Kalimantan, Jawa, Sabang, Irian, Kalimantan, Bibit dan Bordan. Semuanya memiliki nama daerah asal.

Harganya juga cukup mahal, mencapai 2 juta per ekor untuk burung murai batu biasa. Lalu bagaimana jika ingin membeli batu grip champion? Wah, harganya fantastis lho. Di Indonesia pernah ditawarkan hingga 600 juta oleh Presiden Joko Widodo. Namun, untuk murai batu champion kisarannya dari 50 juta hingga 800 juta rupiah!

Jadi buat kamu yang memiliki stone grip, pastikan kamu terus berlatih hingga mencapai kualitas terbaik! Soalnya makin sering menang lomba, makin naik harganya lho.

2. Rawa Cuca

Harga: BRL 2.000.000

foto oleh: mediaindonesia.com

Cucak rawa adalah salah satu jenis burung yang paling populer untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan. Namanya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Jawa. Habitat aslinya adalah di sepanjang tepi sungai, rawa-rawa dan tepi hutan. Ternyata belum banyak yang tahu kalau harganya cukup mahal lho, hingga 2 juta rupiah per ekor!

Keunikan dari cucak rawa ini adalah suaranya yang tinggi dan melengking. Nah, tidak heran ya, banyak orang yang ingin membeli meski harganya cukup mahal. Harganya bisa naik terus lho kalau dirawat dengan baik dan umurnya sudah lebih dari setahun.

Sayangnya, kini populasi cucak rawa di alam semakin berkurang karena banyak diburu untuk diperdagangkan.

3. Kacer

Harga: BRL 500.000 – BRL 1.000.000

foto oleh: jawapos.com

Kemudian ada burung kacer sebagai salah satu burung kicau termahal di Indonesia. Seperti yang bisa Anda lihat pada foto di atas, burung ini memiliki warna hitam dan putih di tubuhnya yang membuatnya terlihat anggun. Selain itu, mereka juga mampu menirukan suara manusia.

Harganya di pasaran cukup mahal, mulai dari 500 ribu hingga 1 juta rupiah untuk orang dewasa. Namun, untuk kacer yang sudah sering menjuarai kompetisi tersebut, harganya tak kalah fantastis, mencapai puluhan juta rupiah lho. Wah, paket lengkap antara tampilan elegan dan pintar meniru suara manusia!

4. Adas Merah

Harga: BRL 500.000 – BRL 800.000

foto oleh: greeners.co

Masih ada lagi, hewan yang masuk dalam jajaran burung kicau termahal di Indonesia yaitu adas merah. Burung ini memiliki berbagai keunikan yaitu penampilan yang sangat indah, gerakan yang lincah dan suara kicau yang merdu. Diduga, burung anis merah bisa berayun ke kanan dan ke kiri, lho.

Mereka memakan cacing tanah, serangga, dan buah-buahan. Harganya juga cukup mahal, mulai dari 500 ribu hingga 800 ribu rupiah per ekor. Tentu saja, harga mereka bisa naik jika mereka memenangkan kontes ya!

5. Lovebird

Harga: BRL 400.000 – BRL 10.000.000

foto oleh: animal.com

Di kalangan pecinta burung, parkit adalah salah satu jenis yang paling populer. Pasalnya, mereka memiliki penampilan yang sangat menarik, terutama untuk warna bulunya. Ini membuatnya menjadi burung dengan bulu terbaik. Setiap spesies yang berbeda memiliki warna bulu yang berbeda pula. Selain itu, burung endemik Afrika ini juga memiliki suara kicau yang nyaring.

Harganya pun sangat bervariasi, dari 400 ribu hingga 10 juta per ekor. Namun, bagi yang memenangkan persaingan, harganya bisa mencapai 30 juta per ekor!

6. Cuca Hijau

Harga: BRL 400.000 – BRL 3.000.000

foto oleh: coil.com

Sesuai dengan namanya, burung ini memiliki bulu berwarna hijau. Dari warnanya saja sudah terlihat sangat eksotis bukan? Selain itu, hewan ini merupakan burung yang cepat menirukan tuannya, lho. Diduga, mereka juga bisa menirukan suara burung lain, meski hanya mendengar melalui mp3.

Jadi, mereka adalah salah satu jenis burung yang pandai berkicau. Semakin proporsional tubuh, semakin tebal dan besar paruh, semakin keras kicauannya. Merawatnya tidak sulit. Nah, tak heran jika spesies mereka cukup mahal, mencapai 3 juta rupee per ekor!

7. Jalak Suren

Harga: BRL 300.000 – BRL 1.500.000

foto oleh: jawapos.com

Jalak suren merupakan spesies burung endemik India dan Asia Tenggara. Burung ini berukuran cukup besar dan memiliki bentuk mata yang tajam. Bisa dilihat pada foto di atas, bulunya berwarna hitam putih dan paruhnya juga panjang. Harganya berkisar 300 ribu hingga 1,5 juta rupiah.

8. Pleci

Harga: BRL 700.000 – BRL 1.000.000

foto oleh: thegorbalsla.com

Pleci merupakan salah satu burung kicau termahal di Indonesia. Warna tubuhnya didominasi warna kuning kehijauan cerah dan menarik perhatian. Meski tubuhnya kecil, mata pria ini sangat tajam. Selain itu, harganya juga bisa mencapai jutaan rupiah. Hanya saja, untuk merawatnya perlu kesabaran dan ketelatenan!

9. Ciblek

Harga: BRL 1.000.000

gambar oleh: fokusjabar.id

Perenjak Jawa atau yang biasa dikenal dengan ciblek merupakan salah satu manuk yang bisa menjadi guru menyanyi yang baik karena dikenal memiliki suara yang gacor, tinggi dan bervariasi, serta jeda yang rapat. Biasanya, manuk ini tidak digunakan untuk kompetisi, tetapi untuk mendominasi burung lain. Harganya pun bervariasi, mencapai puluhan juta untuk yang paling mahal lho!

10. Kacang

Harga: BRL 200.000 – BRL 900.000

foto oleh: kompasiana.com

Kenari adalah burung kicau yang memiliki warna kuning di sekujur tubuhnya. Postur tubuhnya tidak terlalu besar, yakni hanya berukuran 8 hingga 12 cm. Selain warna tubuhnya, kicaunya sangat merdu dan burung ini juga mudah untuk dikembangbiakkan. Maka tak heran jika banyak yang ingin menyimpannya!

Ini adalah daftar beberapa jenis burung kicau termahal di Indonesia 2022 beserta foto-fotonya. Bagi yang suka memelihara burung kicau, beberapa nama di atas mungkin bisa menjadi alternatif yang baik. Bagi yang penasaran dengan suara kicau atau ocehannya, bisa coba cek atau unduh mp3 atau video di Youtube.

Jika Anda melakukan perawatan, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik agar harganya bisa mahal. Namun, untuk pemula yang ingin terus berkicau burung dengan anggaran terbatas, masih banyak pilihan lain yang lebih murah!

Apakah Anda punya rekomendasi lain?? Komen di bawah ya guys!

Catatan: Semua data di atas adalah data terbaru pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Anda perhatikan, beri tahu kami agar kami dapat segera memperbaikinya.

Bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis dan ingin dimasukkan ke dalam artikel di atas, silahkan isi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Leave a Comment