Lukisan adalah bentuk seni yang dibuat dengan mengaplikasikan cat dengan kuas, spatula, dan alat lainnya. Dalam melukis, cat menggunakan berbagai warna yang dipadukan untuk menghasilkan gradasi yang indah pada permukaan datar seperti dinding hingga finishing. wallpaper atau kanvas.

Tidak hanya memadukan berbagai warna, tetapi untuk menghasilkan lukisan yang indah, seorang pelukis juga harus mampu melukis dengan perasaan yang mendalam. Oleh karena itu, seorang pelukis harus memiliki jiwa seni yang melekat untuk menghasilkan karya terbaik.

Ada beberapa karya seni lukis yang keindahannya telah diakui oleh banyak orang di seluruh dunia. Contohnya adalah lukisan karya Leonardo Da Vinci, Monalisa. Namun, masih banyak lukisan lain yang tak kalah terkenal dan bagusnya. Beberapa di antaranya ditawarkan dengan harga yang sangat fantastis atau mahal.

Nah, penasaran apa saja lukisan termahal di dunia tahun 2022 beserta foto-fotonya? Ayo, lihat dulu.

1. Salvator Mundi

Harga: BRL 6.300.000.000.000

foto oleh: wcbi.com

Salvator Mundi adalah lukisan termahal sepanjang masa karya pelukis terkenal bernama Leonardo Da Vinci. Dalam karya seni ini, Leonardo Da Vinci melukis Yesus membawa bola kristal. Menurut cerita, Leonardo Da Vinci membuat lukisan ini khusus untuk diberikan kepada Raja Louis XII dari Perancis dan istrinya Anne.

Di luar dugaan, mahakarya ini menghilang dari tahun 1763 hingga 1900 dan juga pada tahun 1958 sebelum akhirnya ditemukan kembali pada tahun 2005. Pada tahun 2017, Salvator Mundi berhasil memecahkan rekor sebagai lukisan termahal karena dilelang dengan harga di atas 6 triliun.

Mahakarya ini dimiliki oleh Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman atas nama Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Abu Dhabi.

2. Pertukaran

Harga: BRL 4,200,000,000,000

foto oleh: dictio.id

Sepintas mungkin tidak ada yang istimewa dari karya di atas, karena hanya memperlihatkan beberapa sapuan kuas yang sudah dicat. Namun, siapa sangka lukisan yang terlihat sangat sederhana di atas ini adalah yang termahal kedua di dunia? Bernama Interchange, mahakarya di atas berhasil dijual seharga Rp 4 triliun di tahun 2015 ini, lho!

Lukisan abstrak di atas dibuat oleh Willem de Kooning dari Belanda pada tahun 1955. Diduga, mahakarya ini tidak menggambarkan objek atau emosi tertentu, tetapi dimaksudkan untuk membangkitkan rasa dinamisme dan gerakan. Melalui komposisinya, lukisan ini seolah memaksa penonton untuk bergerak.

3. Pemain kartu

Harga: BRL 3.500.000.000.000

foto oleh: dictio.id

Lalu ada lukisan The Card Players karya Paul Cezanne. Sesuai dengan namanya, mahakarya ini menggambarkan dua orang sedang bermain kartu. Meski terdengar sederhana, namun harganya sangat mahal lho, kok bisa mencapai 3,5 triliun saat dilelang tahun 2011 dengan pembeli dari keluarga kerajaan Qatar.

Tidak hanya cantik, lukisan ini juga salah satu yang tertua karena diyakini dibuat pada awal tahun 1890-an dengan gaya khas Paul Cezanne.

4. Nafea Faa Ipoipo

Harga: BRL 2.900.00,000,000,000,000

foto oleh: pixelle.co

Nafea Faa Ipoipo adalah mahakarya yang menggambarkan dua wanita Tahiti di padang rumput, salah satunya mengenakan pakaian tradisional Tahiti dan yang lainnya bergaya kolonial. Namanya yang unik berarti “kapan nikah?” dalam bahasa Inggris atau “kapan kamu menikah?” dalam bahasa Indonesia.

Seorang pelukis Prancis, Paul Gauguin, membuat Nafea Faa Ipoipo saat berkunjung ke Tahiti pada tahun 1892. Dikatakan bahwa ia melarikan diri ke Polinesia dan tetap di sana sampai kematiannya pada tahun 1903. Salah satu karya agungnya ini adalah favorit Gauguin karena banyak kadang-kadang dia melihatnya.

5. Nomor 17A

Harga: BRL 2.800.000.000.000.000.000

foto oleh: metropolitan.id

Ada lagi, lukisan abstrak yang ternyata harganya fantastis, yaitu Nomor 17A. Meski tidak terlihat istimewa, lukisan ini dikerjakan oleh seniman terpercaya, Jackson Pollock, dari Amerika Serikat. Diketahui bahwa karya Pollock terkenal berbeda dari yang lain. Harganya nggak main-main, masuk Rp 2,8 triliun lho!

Banyak yang menyukai karya Pollock yang satu ini, namun hanya Kenneth C. Griffin yang berhasil memilikinya sehingga tidak akan ditampilkan ke publik.

6. Les Femmes D’Alger

Harga: BRL 2.700.000.000.000.000

foto oleh: christies.com

Les Femmes D’Alger atau artinya “Wanita Aljazair” dalam bahasa Inggris adalah salah satu karya paling terkenal dari pelukis Spanyol Pablo Picasso. Tidak seperti biasanya, mahakarya ini dibuat untuk menghormati temannya Henri Matisse.

Lukisan yang dibuat pada tahun 1955 ini ternyata terinspirasi dari karya Eugène Delacroix yang dibuat pada tahun 1834. Les Femmes D’Alger ada 15 versi dan ini yang paling baru.

7. Tidak. 6 (Ungu, Hijau dan Merah)

Harga: BRL 2.600.00,000,000,000,000

foto oleh: muralmedan.com

Jika dilihat sepintas, mungkin tidak ada yang istimewa dari lukisan ini yang hanya gradasi tiga warna. Namun, ternyata mahakarya Mark Rothko, seorang pelukis Latvia-Amerika ini menjadi salah satu yang termahal di dunia. Harganya mencapai 2,6 triliun rupiah lho!

Seperti yang Anda lihat, karya ini memiliki pengaruh besar pada seni kontemporer, meskipun hanya dalam nuansa ungu, hijau, dan merah. Meski terlihat sederhana, banyak orang mengagumi lukisan ini karena nilai seninya yang tinggi.

8. Potret luar biasa oleh Maerten Soolmans dan Oopjen Coppit

Harga: BRL 2.500.000.000.000

foto oleh: louvre.fr

Potret Gantung Maerten Soolmans dan Oopjen Coppit merupakan potret pernikahan pada tahun 1634. Kedua lukisan ini tidak dapat dipisahkan karena dua orang yang digambarkan di dalamnya adalah suami istri, yaitu Maerten dan Oopjen. Mahakarya Rembrandt ini hadir dengan banderol harga yang lumayan, yakni Rp 2,5 triliun, meski hanya sebuah potret pernikahan.

Sekarang, Anda bisa melihat mahakarya ini di Rijksmuseum dan Louvre.

9. Karya

Harga: BRL 2.300.000.000.000

foto oleh: popbela.com

Bagi penggemar buku komik, mungkin Anda mengira karya-karya di atas adalah bagian dari komik. Namun, mahakarya di atas sebenarnya adalah sebuah lukisan. seni pop terinspirasi dari komik berjudul ‘Whaam!’ dan ‘Lihat Mickey’. Pencipta mahakarya ini adalah Roy Lichtenstein, seorang seniman yang merupakan pencipta seni pop.

Ternyata, pembuatan lukisan ini menggunakan dua metode, yaitu: Poin Ben-Day dan gelembung ucapan. Harganya nggak main-main, yang masuk Rp 2,3 triliun lho! Kini, mahakarya di atas telah berhasil dimiliki oleh seorang investor AS, Steven A. Cohen.

10. Tidak. 5, 1948

Harga: BRL 2.00,000,000,000,000,000,000

gambar oleh: theartdose.com

Ada satu lagi, mahakarya Jackson Pollock yang dibanderol dengan harga fantastis, yakni No. 5 Tahun 1948. Meski sekilas tidak ada yang istimewa dari lukisan abstrak di atas, pada tahun 2006 mahakarya tersebut berhasil dibeli oleh David Martinez dengan harga yang sangat mahal yakni mencapai 2 triliun rupee. Wow, meski sangat abstrak, nilai seninya tetap tinggi!

Ini adalah daftar beberapa lukisan termahal di dunia sepanjang masa, beserta deskripsi dan fotonya. Jika Anda ingin membuat lukisan sendiri, Anda juga bisa membuat berbagai jenis foto, mulai dari bunga, pemandangan alam Indonesia, kuda, ikan koi dan lain-lain. Anda bisa menggunakan tinta langsung atau digambar terlebih dahulu dengan pensil.

Beberapa di atas telah dinobatkan sebagai mahakarya terindah di dunia. Harga yang sangat fantastis karena membuatnya juga tidak mudah. Nah, di antara beberapa lukisan mahal di atas, mana yang menurut Anda paling bagus?

Apakah Anda punya rekomendasi lain?? Komen di bawah ya guys!

Catatan: Semua data di atas adalah data terbaru pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Anda perhatikan, beri tahu kami agar kami dapat segera memperbaikinya.

Bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis dan ingin dimasukkan ke dalam artikel di atas, silahkan isi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.