Home » Traveling » 10 gambar uang lama termahal 2022 koleksi harga koin rupiah

10 gambar uang lama termahal 2022 koleksi harga koin rupiah

Uang merupakan salah satu benda paling berharga di dunia karena digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai nilai tukar. Semua manusia membutuhkan uang untuk bertahan hidup. Misalnya, dapat memiliki tempat tinggal, makan, minum, membeli barang dan jasa, dll. Setiap negara memiliki mata uang yang berbeda.

Uang terdiri dari dua jenis, yaitu logam atau koin dan kertas. Jika dulu koin banyak digunakan oleh manusia, kini semua orang sudah mulai menggunakan uang kertas. Hal ini dikarenakan bentuk uang kertas jauh lebih praktis, tidak berat dan tidak memakan banyak tempat.

Bukan hanya jenisnya saja, uangnya juga sudah banyak mengalami perubahan lho dari desainnya. Jika diperhatikan, uang lama mungkin memiliki desain yang berbeda dengan yang banyak digunakan saat ini. Banyak orang suka mengoleksi uang lama, dan ada juga yang mahal, lho.

Misalnya, Rp. 100 bergambar Soekarno bisa dijual seharga Rp 100 juta. Selain itu, uang kertas 1.000 Gulden dari Holland atau Holland yang digunakan VOC juga ditawarkan seharga ratusan juta rupee. Tidak hanya di Indonesia, di seluruh dunia banyak terdapat mata uang asing kuno yang harganya sangat mahal.

Lantas apa saja koin antik termahal di dunia tahun 2022? Mari kita lihat dulu:

1. 1795 Rambut Mengalir Perak

Harga: BRL 141.000.000.000

foto oleh: usacoinbook.com

The Flowing Hair Silver/Copper Dollar edisi 1794 dan 1795 adalah koin antik paling berharga di dunia. Beberapa peneliti numismatik percaya bahwa logam ini adalah koin perak pertama yang dikeluarkan oleh pemerintah federal Amerika Serikat. Wah, berarti koin ini sudah sangat tua ya!

Diduga, harga koin ini bisa mencapai $10 juta atau setara dengan Rp141 miliar lho. Tentu saja hal ini membuat koin ini masuk dalam rekor dunia sebagai koin termahal di dunia pada tahun 2013. Harganya bisa lebih mahal lagi jika kondisinya masih sangat bagus, tapi umurnya masih panjang lho.

2. Elang Ganda 1933

Harga: BRL 107.100.000.000

foto oleh: 99.co

Masih dengan harga miliaran rupiah, koin termahal kedua di dunia ini dicetak pada tahun 1933. Seperti sebelumnya, koin ini juga milik Amerika Serikat dengan mata uang lokal. Namun, koin kuno ini terbuat dari emas, berbeda dengan yang sebelumnya karena terbuat dari perak.

Ada satu hal yang unik dari koin ini. Dulu, uang lama ini ditarik dari peredaran karena Theodore Roosevelt, Presiden Amerika Serikat yang berkuasa saat itu, melarang siapa pun memiliki emas, termasuk dalam bentuk uang. Diduga koin ini masih dilarang untuk dimiliki lho. Jika Anda tertangkap basah, Anda bisa ditangkap.

Namun, pemilik pribadi pernah berhasil memilikinya. Dia kemudian menjualnya kepada Raja Farouk dari Mesir dan dipaksa untuk berbagi keuntungan dengan US Mint, yang merupakan agen AS yang bertanggung jawab untuk menghasilkan uang. Koin tua ini berhasil dijual ke seorang pelanggan pada tahun 2002 seharga US$7 juta atau Rp107,1 miliar.

3. Brasher Doubloon 1787

Harga: BRL 104.300.000.000

foto oleh: pcgs.com

Koin antik termahal ketiga di dunia adalah Brasher Doubloon tahun 1787. Uang ini akhirnya memiliki sejarah yang unik lho, awalnya dimaksudkan untuk meyakinkan Negara Bagian New York agar menggunakan koin tembaga untuk menggantikan emas sebagai bahan pembuatannya. Sayangnya, hal ini tidak disetujui oleh pemerintah pada saat itu.

Meski begitu, larangan ini tidak membuat Ephriam Brashers, goldsmith dan coiner, menyerah. Ia bahkan mencetak koin baru dengan bahan utama perunggu berlapis emas 22 karat. Sejarah yang menarik ini membuat koin Brasher Doubloon menjadi sangat berharga dan dicari oleh pembeli.

Pada tahun 2011, koin ini berhasil dibeli oleh Wall Street melalui lelang seharga USD 7,4 juta.

4. Edward III Florin

Harga: BRL 95.800.000.000

foto oleh: coinsanduk.com

Lalu ada Edward Florin III yang berusia 670 tahun. Usianya yang sudah tua membuat koin ini bisa dibilang sebagai salah satu yang bertahan selama berabad-abad sejak tahun 1343. Tak hanya usianya, koin ini juga termasuk salah satu yang paling langka yang harganya fantastis.

Koin ini pertama kali ditemukan pada tahun 2006 dan berhasil dijual di tahun yang sama. Namun, ada dua koin lain yang ditemukan di Sungai Tyne pada tahun 1857 yang saat ini dipajang di British Museum di Inggris.

5.723 Dinar Emas Umayyah

Harga: BRL 85.200.000.000

foto oleh: coinsweekly.com

Sesuai dengan namanya, koin ini merupakan salah satu koin Dinar dari zaman Rasul, tepatnya pada tahun 723 M. Terlihat pada gambar di atas bahwa kedua sisi mata uang ini diisi dengan tulisan Arab. Bahannya juga terbuat dari emas lho. Usia mereka dan bahan yang digunakan membuat koin ini sangat mahal!

6. Nikel Kepala Liberty 1913

Harga: BRL 63.400.000.000

foto oleh: pcgs.com

Sesuai dengan namanya, koin ini memiliki gambar kepala Patung Liberty di salah satu sisinya dan dibuat pada tahun 1913. Permukaannya seperti cermin dan ini merupakan hal yang langka, sehingga tidak heran jika koin ini digandrungi oleh para kolektor. . . Koin ini dilelang tahun 2018 dan diluncurkan dengan harga Rp 63,4 miliar lho!

Selanjutnya, uang ini juga digunakan dalam salah satu serial televisi Hawaii Five-O pada tahun 1970. Namun, koin ini menimbulkan kontroversi karena tidak memiliki registrasi resmi.

7. Dolar Perak Kelas 1

Harga: BRL 57.800.000.000

foto oleh: usacoinbook.com

Juga, ada koin dolar perak kelas 1 yang termasuk sebagai salah satu koin antik termahal di dunia. Ternyata, ini adalah spesimen dari “Raja Koin AS”. Ini karena uang ini adalah contoh dari dolar perak yang dikeluarkan pada tahun 1804. Otentikasi mata uang ini dibuktikan dengan Proof-68, sehingga menjadi yang termahal di dunia pada tahun 1999!

8. Daun maple emas Kanada

Harga: BRL 56.600.000.000

foto oleh: kremar.es

Koin Daun Maple Emas adalah salah satu koin kuno paling mahal di dunia. Meski tergolong baru karena baru diproduksi tahun 2007, uang ini termasuk salah satu yang paling berharga di dunia karena terbuat dari 99,99% emas murni. Wow, tidak heran harganya sangat tinggi!

9. 1898 Laguna Individu 9

Harga: BRL 56.600.000.000

gambar oleh: coinweek.com

Koin Single 9 Pond tahun 1898 dicetak selama Perang Anglo. Nah, uang ini termasuk yang paling langka ditemukan, jadi jangan heran jika harganya mencapai 56,6 miliar rupiah! Karena, sudah sangat tua dan jarang ditemukan, lho. Kolektor yang sangat kaya mungkin mengincar uang lama ini.

10. Spesimen Payudara Kelas Dolar 1-Dexter-Poque

Harga: BRL 53.500.000.000

foto oleh: pcgs.com

Uang ini sangat unik karena ada huruf D kecil yang tercetak di salah satu awan di belakang koin. Ini melambangkan bahwa koin ini milik seorang ahli numismatik yang kaya, yaitu James V. Dexter. Uang ini dibuat 183 tahun yang lalu.

Ini adalah daftar koleksi beberapa koin antik termahal sepanjang masa, beserta foto dan harganya. Beberapa masih diburu kolektor di dalam dan luar negeri, seperti Malaysia, Arab, China, Belanda, Australia, Singapura, Thailand dan lain-lain.

Jadi kalau kamu merasa punya uang seperti di atas, jangan dibuang atau dibuang! Anda bahkan bisa menjualnya dengan harga yang sangat fantastis lho!

Apakah Anda punya rekomendasi lain?? Komen di bawah ya guys!

Catatan: Semua data di atas adalah data terbaru pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Anda perhatikan, beri tahu kami agar kami dapat segera memperbaikinya.

Bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis dan ingin dimasukkan dalam artikel di atas, silahkan isi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Leave a Comment