Home » Traveling » 10 Gambar Merpati Termahal Di Dunia 2022 Jenis Kolongan

10 Gambar Merpati Termahal Di Dunia 2022 Jenis Kolongan

Burung merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipelihara di rumah oleh manusia. Ada beberapa alasan mengapa orang suka memelihara burung, antara lain warna bulunya yang indah, suaranya yang merdu, tingkahnya yang lucu, atau keunikan lainnya yang dimilikinya.

Selain itu, ada beberapa jenis burung yang bisa dilatih untuk menjadi cerdas, salah satunya adalah burung merpati. Burung yang biasa dikenal dengan sebutan merpati ini merupakan salah satu burung yang paling banyak dicari oleh para pecinta burung. Itu karena mereka pintar dan mudah melatih burung.

Merpati dibagi menjadi beberapa jenis, beberapa di antaranya adalah balap, hias, kipas, kolongan, tinggi dan lain-lain. Setiap jenis memiliki harga yang berbeda-beda. Namun, satu hal yang pasti, semakin pintar merpati, semakin mahal harganya.

Lantas apa saja burung merpati termahal di tahun 2022 berikut foto dan harganya? Mari kita lihat dulu:

1. Lomba Dara

Harga: BRL 1.000.000 – BRL 2.500.000

foto: sport.tempo.co

Jenis hewan ini merupakan hasil penangkaran merpati yang memang khusus dikembangbiakkan agar bisa terbang lebih cepat. Sesuai dengan namanya, hewan ini didedikasikan untuk olahraga balap merpati. Di pulau Jawa, balap merpati merupakan olahraga tradisional yang cukup terkenal.

Di pasaran, merpati jenis ini dibanderol mulai dari Rp 1 hingga 2,5 juta. Semakin cepat mereka bisa terbang, semakin mahal harganya. Harga merpati balap termahal bisa mencapai 1 miliar rupiah, namanya Jayabaya de Bandung. Jika Anda memiliki merpati balap dan Anda bisa memenangkan perlombaan, hadiah yang Anda terima tidak kalah fantastis!

Di dunia, negara penangkaran merpati terbaik adalah Belgia. Namun, di Indonesia banyak dijumpai peternak merpati khususnya di Jawa Tengah. Buat kalian yang ingin melihat video balap merpati ini bisa cek di youtube.

2. kipas angin

Harga: BRL 750.000 – BRL 1.000.000

foto oleh: omkicau.com

penggemar tersayang atau ekor merpati Ini adalah salah satu spesies burung mewah yang terkenal. Keunikan yang mereka miliki adalah pada ekornya yang indah. Ekornya berbentuk kipas dan terdiri dari 30 hingga 40 bulu lho. Ini jelas lebih banyak dari ras lain, karena merpati lain biasanya hanya memiliki 12 hingga 14 bulu.

Tak ketinggalan, mereka juga bisa dilatih untuk terbang lebih cepat, lho. Jadi, selain penampilannya yang anggun dan menarik perhatian para pecinta burung, mereka juga bisa dilatih untuk mengikuti kompetisi. Jika mereka berhasil memenangkan perlombaan, tentu harga mereka bisa naik lebih tinggi lagi, mencapai puluhan juta per ekor, lho!

3. Dara Pos

Harga: BRL 100.000 – BRL 500.000

foto oleh: jualayamhias.com

Sesuai dengan namanya, dara jenis ini sering digunakan oleh manusia untuk mengantarkan surat pada zaman dahulu. Tentu saja, saat itu teknologi belum secanggih dan secanggih sekarang! Ternyata, mereka dilatih untuk memiliki kemampuan navigasi yang baik dan daya ingat yang kuat untuk dapat menyampaikan surat atau pesan.

Nah, seiring dengan perkembangan zaman, sekarang merpati jenis ini masih banyak dikembangbiakkan oleh manusia namun hanya untuk tujuan komersial dan hobi saja. Masih banyak orang yang ingin mengikuti merpatinya di berbagai kontes dengan hadiah yang menggiurkan. Selain itu, Anda juga dapat meningkatkannya untuk mendapatkan banyak uang.

4. Dara Kolongan

Harga: BRL 500.000 – BRL 1.000.000

foto oleh: aroundhobi.com

Merpati rendah atau tinggi adalah jenis merpati balap yang jika dilatih dapat memiliki ketinggian tertentu dan mendarat dengan sempurna. Bedanya, merpati pos dilatih untuk lari jarak pendek dari sasaran. Sementara itu, merpati dataran tinggi dilatih untuk turun dari ketinggian terbang dan menuju titik pendaratan.

Diduga, mereka juga bisa bermanuver lho. Tak heran jika harganya cukup mahal, yakni mulai 500 ribu hingga satu juta rupiah bagi yang belum mahir.

Kalau kamu punya burung merpati dan kamu sering melatihnya untuk terbang dengan ketinggian tertentu lalu mendarat dengan sempurna, harga jualnya bisa jadi lebih tinggi, lho. Apalagi jika merpati yang Anda miliki biasanya memenangkan perlombaan. Dijamin, Anda tidak akan rugi apa-apa!

5. Burung Hantu Cina

Harga: BRL 1.450.000

foto oleh: aroundhobi.com

bahkan jika itu memiliki nama burung hantu cinabukan berarti hewan ini burung hantu ya. burung hantu cina Merupakan jenis merpati hias yang tergolong mewah. Beratnya hanya 280 hingga 340 gram. Meski memiliki tubuh yang kecil, penampilan merpati ini sangat cantik lho dengan bulunya yang unik karena bagian bawahnya memiliki print renda.

Ada banyak varian warna burung hantu cina yaitu hitam, biru, abu-abu kebiruan dan coklat. Keunikan lainnya terletak pada paruhnya yang kecil dan pendek serta kepalanya yang bulat. Dengan fitur yang dimilikinya, tak heran jika harga per ekornya cukup mahal.

6. Piala Merpati Ganda

Harga: BRL 1.050.000 – Rp. 3.500.000

foto oleh: youtube.com

Merpati double-cup adalah jenis yang berasal dari wilayah Bokhara di Asia. Namanya cukup unik, ternyata berasal dari motif bunga mawar di atas kepalanya yang dibentuk dua jambul. Terkadang kedua jambul itu juga bisa menutupi kepala lho.

Juga, mereka seharusnya memiliki suara yang berbeda seperti terompet, Anda tahu. Dengan keunikan yang mereka miliki, tak heran jika harga jualnya cukup tinggi!

7. Merpati Eceng Gondok

Harga: BRL 900.000 – BRL 5.000.000

foto oleh: satujam.com

Sesuai dengan namanya, merpati jenis ini memiliki benjolan di lehernya yang menyerupai gondok. Ini adalah hal yang unik lho. Selain itu, mereka juga bisa berdiri hingga sudut 60 derajat. Bobotnya mencapai 624 hingga 737 gram.

Jenis merpati ini terbagi menjadi beberapa jenis, ada yang impor dan lokal. Tentu saja harga yang diimpor jauh lebih mahal daripada yang lokal!

8. Merpati Kapusin

Harga: BRL 650.000 – BRL 700.000

gambar oleh: starfarm.co.id

Merpati capuchin adalah salah satu merpati yang paling mahal. Keunikan dari jenis perawan ini adalah warna bulunya yang didominasi warna coklat dan putih. Selain itu, bulunya juga cukup tebal, terutama di bagian leher. Ternyata merpati ini adalah hasil dari pembiakan selektif. Keunikannya membuat harga pasar cukup tinggi.

9. Dara Lahore

Harga: BRL 700,000

foto oleh: bukalapak.com

Lahore adalah jenis merpati dari Pakistan yang banyak dikembangbiakkan oleh peternak lokal. Ciri khasnya adalah dari leher hingga ekor bawahnya berwarna putih. Sedangkan untuk bagian atasnya bisa dengan warna lain.

10. Merpati satin

Harga: BRL 800,000

foto oleh: jualayamhias.com

Merpati ini dikenal memiliki warna sayap yang berbeda dengan bagian tubuhnya yang lain. Selain itu, ternyata merpati satinette juga memiliki sifat penyayang terhadap anaknya lho.

Ini adalah beberapa jenis merpati yang lebih mahal, beserta gambarnya. Bagi para pecinta burung khususnya burung merpati, jenis-jenis di atas bisa menjadi alternatif pilihan untuk dipelihara dan dilatih terus menerus agar dapat memenangkan persaingan dan meningkatkan harga jual. Namun, jika Anda mencari burung dengan anggaran terbatas, masih banyak jenis yang lebih murah yang bisa disimpan!

Satu hal lagi yang perlu diketahui, bahwa harga yang tertera di atas adalah harga pasaran. Setiap tempat bisa berbeda, dan harga juga ditentukan oleh kualitas merpati.

Apakah Anda punya rekomendasi lain?? Komen di bawah ya guys!

Catatan: Semua data di atas adalah data terbaru pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Anda perhatikan, beri tahu kami agar kami dapat segera memperbaikinya.

Bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis dan ingin dimasukkan dalam artikel di atas, silahkan isi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Leave a Comment