Uang adalah hal yang paling penting dalam kehidupan setiap manusia, bahkan sekarang mata uang kripto (mata uang digital seperti koin bit) telah banyak digunakan. Semua manusia membutuhkan uang sebagai alat tukar untuk suatu barang atau jasa. Uang juga menjadi acuan yang digunakan untuk menentukan kelas sosial dan ekonomi seseorang.

Setiap negara memiliki mata uang yang berbeda. Di dunia ini ada banyak negara, jadi bisa dibayangkan berapa banyak mata uang yang digunakan di seluruh dunia. Misalnya, Indonesia memiliki mata uang rupee. Ada juga contoh mata uang asing seperti yen Jepang, won Korea Selatan, ringgit Melayu, baht Thailand, real Brasil, rupee India, dong Vietnam, yuan Cina, dll.

Tentunya setiap mata uang memiliki nilai tukar atau nilai tukar yang berbeda. Semakin tinggi nilai tukar, semakin tinggi jika dikonversi ke rupiah. Banyak yang mengira dolar adalah mata uang paling kuat. Namun ternyata masih banyak yang lebih kuat dari mata uang yang diakui oleh Amerika Serikat, Singapura, Kanada, Brunei dan Zimbabwe.

Nah, penasaran apa saja koin termahal di dunia saat ini? Mari kita lihat dulu:

1. Dinar Kuwait (KWD)

1 KWD = Rp. 47.682

foto oleh: kamusdata.com

Mata uang termahal pertama di dunia adalah Dinar Kuwait (KWD). Ini mungkin mengejutkan banyak orang, terutama mereka yang berpikir bahwa yang tertinggi dan terkuat adalah Pound Sterling atau Dolar. Namun nyatanya, Dinar Kuwait menempati urutan pertama.

Karena seperti ini? Hal ini tentunya tidak lepas dari stabilitas ekonomi salah satu negara di kawasan Timur Tengah. Bagi yang belum tahu, Kuwait adalah negara yang kaya akan minyak. Lebih dari 80% pendapatan negara ini berasal dari industri minyak, tidak hanya dari produksinya tetapi juga dari ekspor dan impornya.

Produksi minyak di negara kecil ini sangat mudah, sehingga harganya juga lebih murah dari yang lain. Tak heran jika dikonversikan ke 1 dinar Kuwait bisa mencapai Rp. 47. 682. Wah, tentu ini nilai yang paling mahal ya!

2. Dinar Bahrain (BHD)

1 BHD = Rp. 38,194

foto oleh: manorfx.com

Juga, mata uang dengan nilai tukar tertinggi kedua dalam rupee adalah Dinar Bahrain. Seperti Kuwait, Bahrain juga merupakan negara yang terletak di Timur Tengah, tepat di Teluk Persia. Tidak hanya lokasinya tetapi negara ini juga memiliki pendapatan ekspor minyak tertinggi.

Wow, tidak heran nilai tukar rupiah terhadap rupiah begitu tinggi! Diduga, nilai tukar itu tidak berubah sejak 2005, lho. Jadi tidak hanya keras tetapi juga stabil!

3. Rial Oman (OMR)

1 OMR = Rp. 37.405

foto oleh: 123rf.com

Mata uang termahal ketiga di dunia adalah Rial Oman. Sesuai dengan namanya, koin ini milik negara bagian Oman. Sama seperti dua negara sebelumnya, Oman juga terletak di Timur Tengah dan dekat dengan Arab. Letaknya yang sangat strategis sangat membantu perekonomian negara ini lho.

Sebab, berkat lokasinya, perekonomian negara berkembang dan masyarakatnya memiliki kualitas hidup yang baik. Daya beli mata uang ini juga sangat tinggi, sehingga pemerintah daerah juga harus mengeluarkan 1/2 dan 1/4 rial. Wow, ini benar-benar luar biasa!

4. Dinar Yordania (JOD)

1 JOD = Rp. 20.311

foto oleh: moneyinc.com

Masih di kawasan Timur Tengah, ada negara lain yang menempati jajaran mata uang termahal di dunia, Yordania. Seperti ketiga negara di atas, Yordania juga terletak di Timur Tengah dan dekat dengan Arab. Namun, negara ini sebenarnya tidak terlalu berkembang secara ekonomi dan tidak memiliki sumber daya sebanyak yang disebutkan sebelumnya.

Oleh karena itu, sangat sulit untuk mengetahui mengapa nilai tukar dinar Yordania begitu tinggi. Diduga, mungkin karena kebijakan bank sentral menarik investor asing.

5. Poundsterling Inggris (GBP)

1 GBP = Rp. 20.117

foto oleh: didimaxyogyakarta.com

Juga, di tempat kelima adalah British Pound. Ini mungkin tidak mengejutkan banyak orang, karena Inggris telah lama dikenal sebagai negara maju dan bahkan menjadi yang terkuat di dunia. Meski begitu, pada kenyataannya, pound sterling hanya menempati urutan kelima.

Diduga, koloni Inggris mengeluarkan uang kertas mereka sendiri, yang secara visual berbeda dari yang dikeluarkan oleh Bank of England, tetapi secara nominal masih dianggap sama. Padahal, ada banyak Poundsterling milik negara tetangga seperti Gibraltar, Saint Helena, Kepulauan Falkland dan lain-lain. Namun, Inggris tidak mau menerima sterling milik negara lain.

6. Dolar Kepulauan Cayman (KYD)

1 KYD = Rp. 17.245

foto oleh: numiscollection.com

Tidak jauh dari Inggris adalah Kepulauan Cayman, yang memegang mata uang dengan nilai tukar tertinggi keenam. Meski tidak terlalu terkenal dan hanya berupa kepulauan yang bisa dibilang kecil, ternyata nilai tukar dolar Kepulauan Cayman cukup fantastis lho!

Ini karena Kepulauan Cayman adalah salah satu surga pajak terbaik di dunia. Ternyata negara itu memberikan lisensi kepada ratusan bank, hedge fund, dan perusahaan asuransi. Meskipun kecil, banyak perusahaan multinasional memiliki kantor di negara kecil ini karena mereka menerapkan persentase pajak yang kecil atau tidak sama sekali. Wow itu keren!

7. Euro (EUR)

1 EUR = Rp. 17.179

foto oleh: cnnindonesia.com

Sesuai dengan namanya, Anda pasti sudah menebak koin ini. Euro merupakan mata uang yang digunakan oleh beberapa negara anggota Uni Eropa, sehingga memudahkan wisatawan dan masyarakat yang tinggal disana untuk bertransaksi tanpa harus menukarnya terlebih dahulu.

Mata uang Euro juga memiliki nilai tukar yang cukup tinggi yaitu mencapai Rp. 17.179. Selain itu, nilai tukar juga mengalami penguatan dalam beberapa tahun terakhir.

8. Franc Swiss (CHF)

1 CHF = Rp. 15.542

gambar oleh: swedishnomad.com

Meskipun terletak di benua Eropa, Swiss merupakan salah satu negara yang tidak menggunakan Euro sebagai mata uangnya. Mereka menggunakan franc Swiss (CHF) sebagai mata uang resmi. Meskipun demikian, ekonomi Swiss tetap stabil dan negara ini adalah salah satu yang terkaya di dunia.

Hal ini karena Swiss memiliki sistem perbankan yang sangat ketat dengan “kerahasiaan perbankan”. Tidak hanya itu, teknologinya adalah beberapa yang terbaik yang Anda tahu.

9. Dolar Amerika Serikat (USD)

1 USD = BRL 14,403

foto oleh: pixabay.com

Kebanyakan orang tidak akan lebih terkejut lagi jika mendengar dolar AS sebagai salah satu mata uang dengan nilai tukar terkuat di dunia. Untuk waktu yang lama, Amerika Serikat mempertahankan kepemimpinan ekonomi dunia. Mata uang ini juga dijuluki mata uang cadangan di dunia karena Anda dapat menggunakan dolar AS sebagai alat pembayaran di mana saja.

Jadi, bagi yang suka jalan-jalan, bawalah dolar AS sebagai dana cadangan, karena nilai tukar lebih stabil.

10. Dolar Kanada (CAD)

1 CAD = Rp. 11.572

foto oleh: coinlive.com

Tidak jauh dari Amerika Serikat, mata uang Kanada juga bernilai banyak, lho. Dolar Kanada adalah mata uang cadangan terbesar kelima di dunia. Meskipun bukan negara adidaya seperti Amerika Serikat, ekonomi Kanada cukup stabil dalam beberapa tahun terakhir.

Ini adalah daftar beberapa mata uang termahal di dunia pada tahun 2022 beserta nilai tukarnya terhadap rupee dan fotonya. Namun perlu diperhatikan bahwa nilai tukar di atas tidak bersifat mutlak dan dapat berubah seiring dengan naik turunnya perekonomian Asia Tenggara bahkan dunia. Jadi untuk mengetahui nilai tukar yang akurat, periksa kembali data terbaru!

Apakah Anda punya rekomendasi lain?? Komen di bawah ya guys!

Catatan: Semua data di atas adalah data terbaru pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Anda perhatikan, beri tahu kami agar kami dapat segera memperbaikinya.

Bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis dan ingin dimasukkan ke dalam artikel di atas, silahkan isi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.