Ikan merupakan salah satu hewan yang sering dikonsumsi manusia untuk konsumsi dagingnya. Hal ini karena ikan mengandung kadar protein yang tinggi dan baik untuk kesehatan Anda.

Beberapa ikan yang bisa dimakan karena proteinnya yang tinggi adalah tuna, salmon, gurame, kerapu, baronang dan masih banyak lagi.

Selain untuk dikonsumsi, ikan juga merupakan hewan yang dapat dipelihara oleh manusia. Banyak orang memilih memelihara ikan hias karena warnanya yang cantik, bentuk tubuh yang unik, cara perawatan yang mudah, dan tidak membutuhkan banyak tempat.

Beberapa contoh ikan hias yang sering dipelihara masyarakat antara lain louhan, koi, ikan mas, guppy, siam atau pegulat, cupang, diskus dan masih banyak lagi.

Harga dan konsumsi ikan hias pun beragam, mulai dari yang sangat murah per ekornya hingga yang mahal hingga miliaran.

Nah, penasaran apa saja ikan termahal di dunia beserta foto-fotonya? Ayo, lihat dulu.

1. Tuna sirip biru

Harga: Rp 24,9 miliar (276 kg)

foto oleh: fortune.com

Tuna sirip biru adalah salah satu jenis ikan termahal di dunia. Tuna sirip biru sangat populer di Jepang dan biasanya dijual di lelang. Pada awal tahun 2020, tuna sirip biru seberat 276 kg itu akhirnya laku terjual dengan harga 193 juta yen atau setara dengan Rp 24,9 miliar.

Jenis tuna ini biasanya dibuat menjadi sushi di banyak restoran kelas atas. Meski jumlahnya terus berkurang dari waktu ke waktu, masih banyak masyarakat yang menikmati tuna sirip biru. Hal ini juga menjadi faktor mahalnya harga ikan tuna jenis ini.

2. Arwana Platinum

Harga: 5,5 miliar rupiah

foto oleh: indozone.id

Arwana Platinum merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar termahal dan terindah di dunia. Sesuai dengan namanya, arwana jenis ini memiliki warna tubuh yang cerah seperti platina. Jika Anda perhatikan lebih dekat, Anda akan mengagumi tekstur tubuhnya yang begitu mulus. Selain itu, arwana ini juga sulit dikembangbiakkan, sehingga harganya mahal.

Arwana jenis ini banyak ditemukan di perairan dari Afrika, dari Amerika Serikat, hingga Asia Tenggara. Tak hanya itu, konon arwana jenis ini memiliki chip di tubuhnya. Diduga, ini dimaksudkan untuk membedakan mereka dari jenis lain lho.

3. Ikan pari bola air tawar

Harga: 1,4 miliar rupiah

foto oleh: ikanesia.id

Sesuai dengan namanya, ikan ini merupakan ikan pari air tawar. Selama ini, semua orang mungkin tahu bahwa ikan pari adalah salah satu ikan air laut. Nah, bagaimana dengan foto di atas? Di atas adalah jenis ikan pari yang hidup di air tawar dan memiliki bintik-bintik di sekujur tubuhnya.

Bukan hanya tempat tinggalnya saja yang berbeda, ternyata bentuk tubuh ikan pari ini juga istimewa. Mutasi genetik menyebabkan kepala mereka berbentuk seperti huruf U. Kondisi ini membuat mereka tidak bisa hidup di alam liar, apalagi berburu sendiri, sehingga manusia harus memperhatikannya.

4. Angelfish Peppermint

Harga: 428 juta rupiah

foto oleh: reefbuilders.com

Peppermint Angelfish merupakan ikan hias air asin yang terkenal dengan warna tubuhnya yang cantik. Dapat dilihat pada foto di atas, Peppermint Angelfish memiliki pola tubuh yang indah dengan warna oranye dan putih. Hal ini membuat banyak orang menyukai dan bahkan memburunya.

Sayangnya, karena banyak diburu ikan yang hanya bisa tumbuh hingga 2,5 inci, jumlahnya semakin berkurang hingga langka. Selain itu, ikan yang memiliki pola tubuh terindah ini hanya bisa ditemukan di perairan Hawaii lho. Dengan jumlahnya yang langka, tak heran jika harganya mencapai ratusan juta per ekor.

5. Ikan Malaikat Bertopeng

Harga: 282,3 juta rupiah

foto oleh: reefs.com

Ada lagi, seperti ikan malaikat yang tak kalah cantiknya adalah angelfish bertopeng. Sesuai dengan namanya, Masked Angelfish memiliki warna yang berbeda-beda di tubuhnya. Bisa dilihat pada foto di atas, warna tubuh di dekat mata dan ekornya berwarna hitam sedangkan sisanya berwarna putih sehingga terlihat seperti ikan ini sedang memakai topeng.

Tidak hanya itu, ternyata angelfish bertopeng berubah warna di tubuhnya seiring waktu. Hal ini membuat beberapa orang merasa tertarik pada mereka. Seperti halnya Peppermint Angelfish, spesies ini juga hanya ditemukan di perairan Hawaii dan telah menjadi ikan langka di sana. Jadi jangan heran jika harganya fantastis!

6. Basslet Bladefin

Harga: 142 juta rupiah

foto oleh: ceratai.padangkita.com

Ada lagi, jenis ikan hias yang tak kalah bagusnya, yaitu Bladefin Basslet. Sementara Golden Basslet terkenal dengan warna tubuhnya yang keemasan, Bladefin Basslet memiliki warna yang lebih bervariasi. Hal inilah yang membuat banyak orang menyukai spesiesnya dan mengoleksinya.

Tak hanya itu, mereka kebetulan memiliki bentuk sirip yang unik, seperti pisau. Spesies mereka ditemukan di perairan Karibia pada kedalaman lebih dari 500 kaki. Juga, ternyata tidak mudah untuk mengumpulkan jumlah mereka di alam liar. Jadi jangan heran jika harganya terlalu tinggi!

7. Bola Basket Emas

Harga: 115 juta rupiah

foto oleh: dictio.id

Kalau yang sebelumnya adalah Bladefin Basslet, ikan ini juga ternyata mirip lho, yaitu Golden Basslet. Sesuai dengan namanya, warna tubuh Golden Basslet adalah emas. Ternyata, meski warnanya tidak sebanyak Bladefin Basslet, koleksi ikan ini punya daya tarik tersendiri bagi para kolektor lho.

Bukan hanya warnanya, cara menangkap ikan ini juga tidak biasa. Pasalnya, Golden Basslet memiliki ukuran yang kecil bahkan tidak bisa ditangkap dengan jaring biasa, sehingga harus menggunakan alat pancing canggih dari Jepang. Wow, tidak heran harganya sangat fantastis!

8. Kerapu Neptunus

Harga: 85 juta rupiah

foto oleh: fishesofaustralia.net.au

Kerapu Neptunus merupakan salah satu ikan hias yang memiliki corak indah di tubuhnya. Terlihat pada foto di atas bahwa warna bodinya oranye atau kuning dengan garis-garis putih. Kecantikannya membuat banyak orang menyukainya karena menjadi hewan langka. Jadi jangan heran kalau harganya terlalu mahal ya!

9. Bertengger Berkepala Datar Australia

Harga: 71 juta rupiah

foto oleh: registerikanhas.web.id

Sesuai dengan namanya, hewan ini berasal dari perairan Australia. Tubuhnya berwarna hitam dengan garis-garis oranye atau kuning. Harganya juga mahal karena hewan ini masuk dalam daftar salah satu yang langka lho. Saking langkanya, hanya ditemukan dua ekor setahun di Samudera Pasifik!

10. Ikan Kupu-Kupu Besi Tempa

Harga: 38 juta rupiah

gambar oleh: australiangeographic.com.au

Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki pola tubuh yang lebih mirip baja karena warna tubuhnya yang metalik perak. Mereka hidup berkelompok, paling sedikit sepuluh individu. Habitatnya di Samudra Pasifik, dekat pulau-pulau Jepang. Hal ini membuat perawatan menjadi sulit dan juga sangat mahal.

Jadi, bagi yang ingin memeliharanya harus diberi makan plankton hidup di akuarium dengan suhu yang sangat hangat, kan! Untuk kolektor bisa.

Ini dia beberapa nama ikan termahal di dunia tahun 2022 berikut foto dan harganya masing-masing. Ada ikan hias dan ada pula yang untuk konsumsi. Yah Anda tidak bisa salah! Selain jenis-jenis di atas, tentunya masih banyak yang tidak kalah mahal lho.

Perlu diketahui juga bahwa harga di atas hanya harga pasar dan tidak mengikat sebelum transaksi berlangsung. Harga juga dapat bervariasi tergantung pada sumber, kualitas ikan, dan inflasi.

Apakah Anda punya rekomendasi lain?? Komen di bawah ya guys!

Catatan: Semua data di atas adalah data terbaru pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Anda perhatikan, beri tahu kami agar kami dapat segera memperbaikinya.

Bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis dan ingin dimasukkan ke dalam artikel di atas, silahkan isi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.