Home » Traveling » 10 Foto Gunung Parang Purwakarta 2022 Ferrata Berapa meter di atas permukaan laut

10 Foto Gunung Parang Purwakarta 2022 Ferrata Berapa meter di atas permukaan laut

Pernahkah Anda mendengar nama “Gunung Parang”? Nah, mungkin sebagian dari Anda akan menjawab tidak atau bingung.

Seperti Gunung Parang yang dikenal banyak orang, yang pertama adalah desa di Cikole, Sukabumi yang memiliki kode pos 43111, ada juga Gunung Parang Karangsambung di Kebumen.

Selain itu, ada juga yang terkait dengan SDN Pakujajar, tipografi PT. Gunung Parang Graha, Vila Keluarga Arka, Lapangan Organ, Pantai Parang Racuk Mt. Kiful, Dusun Parang Kediri atau Parangargo Malang dan Parang Tejo harta karun Gunung Butak.

Namun, kali ini bukan tentang itu, melainkan salah satu tempat wisata paling menarik di Purwakarta.

itu tidak salah karena untuk melihat Objek wisata yang terletak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ini memang masih kalah populer jika dibandingkan dengan Waduk Jatiluhur, Batu Park atau Jembatan Sasak Pannyawangan yang menjadi ikon pariwisata di sana.

Saat ini Gunung Parang Arga Yen Purwakarta menjadi salah satu destinasi wisata yang menawarkan jalur pendakian bagi wisatawan, seperti halnya Gunung Haur.

Tidak hanya itu, untuk melihat Tempat ini juga menawarkan petualangan pendakian yang sering dikejar oleh pendaki lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, Gunung Parang sangat cocok bagi Anda yang menyukai tantangan yang memacu adrenalin alias anti mainstream.

Nah, untuk informasi lebih lengkap tentang Badegajal Gunung Parang, simak ulasannya di bawah ini:

Mitos dan legenda

Foto oleh @angga_san7050

Sejarah memiliki sejarah, ternyata Gunung Parang adalah bukti yang tak terbantahkan, dimana tempat ini menyimpan banyak sejarah dan masih memiliki nilai yang sangat berharga.

Gunung Parang adalah tempat suci, para leluhur memuja Cahaya Tertinggi (Sang Hyang Agung). Selain itu, ada juga beberapa legenda yang beredar di masyarakat tentang Mbah Jambrong yang memiliki kaitan erat dengan Kerajaan Padjajaran.

Pesona Gunung golok

Foto oleh @dhikafebryna

Jika Anda bingung mencari destinasi single track dimana, Gunung Parang di Kabupaten Purwakarta adalah jawabannya.

Gunung ini memiliki pesona yang tidak kalah dengan Gunung Bancak Parang Magetan yang membuat banyak wisatawan terutama para pendaki dan pendaki yang penasaran ingin bisa menaklukannya.

Berikut beberapa pesona yang ditawarkan oleh Gunung Parang:

  • Lokasi Pendakian tertinggi di negara ini
Foto oleh @travelbuddies_id

Gunung Parang kini menjadi magnet baru bagi para pendaki. Kira-kira berapa tinggi dia? untuk melihat Itu?

Mengacu pada catatan yang ditulis oleh situs web wikipediaGunung yang memiliki ketinggian 930 MDPL ini merupakan batu andesit tertinggi di Indonesia dan merupakan situs pendakian tertinggi kedua di Asia.

Dan atraksi inilah yang membuat Gunung Parang menjadi salah satu arena pendakian favorit para pendaki lokal maupun mancanegara.

Gunung Parang sendiri memiliki 3 puncak yang berbeda yaitu Tower I, II dan III. Masing-masing memiliki fitur yang berbeda seperti jalur pendakian atau climbing.

  • Panorama yang sangat indah dari atas
Foto oleh @dhikafebryna

Puncak Gunung Parang memang tidak terlalu luas, namun panorama yang disuguhkan sangat indah. Dari sana, Anda bisa melihat pemandangan kota Purwakarta yang menakjubkan melalui hamparan persawahan yang hijau dan kawasan pemukiman.

Bahkan dari kejauhan Anda bisa melihat pemandangan indah Sungai Citarum, Waduk Jatiluhur, Serra do Corcunda dan Monte Lembu yang menjulang megah.

Menariknya, jika Anda bangun pagi dan kondisi cuaca cerah, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbit atau matahari terbit ujung tebing.

olahraga ekstrim

Foto oleh @jantera_upi

Lebih-lebih lagi pendakianPegunungan Parang juga menawarkan berbagai aktivitas wisata menarik lainnya, salah satunya adalah garis zipaktivitas penyeberangan antar puncak hanya menggunakan satu tali.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengungkapkan sampah di atas tali untuk menyaksikan keindahan pesona alam puncak puncak.

Meski terkesan agak ekstrim, aktivitas ini cukup aman karena pemandu profesional siap mengawasi semua aktivitas Anda. Kedua kegiatan ini pasti akan memberikan pengalaman yang berbeda dan mungkin tak terlupakan!

tempat dimana

Foto oleh @bayuajipurwanaa

Menurut Brainly, Pegunungan Parang adalah sebuah batu karang yang terletak di Kabupaten Purwakarta, tepatnya di Kp. Cirangking, Ds. Pasanggrahan, Kecamatan Plered. Tidak jauh dari Jayakarta Inn Cisarua.

Untuk mencapai tempat tersebut, hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari kota Jakarta atau 2 jam dari Bandung dengan mobil. Akses ke lapangan dasar untuk melihat itu juga sangat mudah.

akses situs

Meskipun dikenal sebagai tempat pendakiantetapi Gunung Parang sekarang dapat diakses oleh siapa saja.

Ada 2 pilihan rute yang bisa dipilih wisatawan untuk mencapai tempat tersebut, yang pertama via Taraje dan yang kedua via Ferrata. Berikut adalah fitur dari keduanya:

Foto oleh @anjas_ramdhanyofficial

Mendaki Gunung Parang sangat berbeda dengan gunung pada umumnya yang identik dengan perjalanan berjam-jam. Di sini, Anda harus memanjat tebing.

Oleh karena itu, saat mendaki, penggunaan alat keselamatan wajib dan harus dipandu oleh pemandu lokal, agar meminimalisir kecelakaan seperti yang pernah terjadi sebelumnya.

Dimana menurut Brigjen Argo Yuwono, Divisi Humas Polri mengatakan ada anggota Baintelkam Polri yang menjadi korban kecelakaan pendakian. Ia terjatuh dan meninggal setelah beberapa waktu dievakuasi.

Jalur pendakian via Ferrata memiliki medan yang beragam, mulai dari jalan menanjak dengan kemiringan yang sangat curam hingga berbelok dan kemudian berjalan di sisi dinding gunung.

Setelah mendaki tebing selama 1 jam, Anda akan mencapai ketinggian 100 meter. Di atas bukit, Anda bisa beristirahat sambil melihat pemandangan yang indah memburu foto, gambar, atau video keren.

Selain via Ferrata, kini wisatawan bisa merasakan jalur pendakian baru menuju Gunung Parang, yakni via Taraje yang terletak di sisi selatan.

Kata “taraje” berasal dari tulisan Sudan yang berarti tangga. Jadi, sesuai dengan namanya, jalur ini mengharuskan Anda melewati tangga yang terbuat dari akar dan dahan pohon.

Fungsi tangga untuk memudahkan kegiatan pendakian, karena kemiringan tebing Gunung Parang sendiri mencapai 75 derajat.

Di jalur ini, Anda harus ekstra hati-hati agar tidak jatuh atau mengalami kecelakaan lain, karena sisi kanan dan kirinya adalah jurang.

Jika kamu sudah menemukan tanda yang bertuliskan “Taraje Climb”, itu tandanya kamu sudah dekat dengan puncak Tower 1.

fasilitas akomodasi

Foto oleh @purwakartakeren

Gunung Parang yang pernah runtuh telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, sehingga tidak perlu khawatir lagi. Sekitar lapangan dasardisediakan tempat parkir, toilet dan beberapa warung kecil yang menawarkan berbagai jajanan dan minuman.

Di kaki gunung Anda akan menemukan banyak operator aktivitas udara terbuka yang menawarkan jasa sewa fasilitas panjat tebing dan panjat tebing.

Menariknya, Anda akan menemukan akomodasi berupa hotel gantung yang dikenal dengan Skylodge Padjajaran Anyar Purwakarta.. Tapi untuk tetap di sini, ada harga yang harus kita bayar. Namun sensasinya tak kalah seru dibanding camping di Parang Gombong.

harga masuk

Foto oleh @galih_rizkii10 Foto Gunung Parang Purwakarta 2022 Via Ferrata Berapa meter di atas permukaan laut Paket Akomodasi Pendakian Gantung

Harga tiket masuk (HTM) ke Gunung Parang bervariasi tergantung ketinggian pendakian yang Anda pilih.

Jika ingin mencoba rute via Ferrata, biaya yang harus dikeluarkan untuk ketinggian 100 meter adalah Rp100.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk peralatan keselamatan dan pemandu lokal.

Sedangkan untuk naik via Taraje, operator mematok harga tiket Rp 10.000 per orang. Tarif ini tidak termasuk biaya pemandu lokal dan peralatan yang diperlukan.

Agar lebih hemat, pihak operator sudah menyediakan paket wisata bagi yang ingin tempat wisata pendakian. Harga yang ditawarkan mulai dari 500.000 per orang. Biaya ini sudah termasuk fasilitas seperti pemandu, makanan, minuman, akomodasi dan trekking.

Sensasi menantang keberanian inilah yang coba disampaikan oleh Gunung Parang. Treknya terlalu menantang untuk membuat siapa pun mencoba pengalaman baru.

Anda wajib mengunjungi Gunung Parang saat berlibur di kota ini purwakarta. Biar makin seru, yuk ajak teman-teman kamu untuk mendakinya.

Apakah Anda punya rekomendasi lain?? Komen di bawah ya guys!

Catatan: Semua data di atas adalah data terbaru pada saat artikel ini ditulis. Jika ada perubahan terbaru yang Anda perhatikan, beri tahu kami agar kami dapat segera memperbaikinya.

Bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis dan ingin dimasukkan dalam artikel di atas, silahkan isi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Leave a Comment