Home » Traveling » 10 foto eksisting gunung berapi wisata gunung Solo Surakarta 2022

10 foto eksisting gunung berapi wisata gunung Solo Surakarta 2022

Saat ini, aktivitas mendaki gunung sepertinya semakin populer di kalangan anak muda. Terbukti semakin hari semakin banyak orang yang melakukan aktivitas panjat tebing dan munculnya beberapa komunitas panjat tebing baru.

pecinta aktivitas berjalan hampir di semua bidang. Indonesia sebagai negara yang wilayahnya termasuk dalam Cincin Api, memiliki banyak gunung dan tersebar di seluruh pulau dan provinsi.

Dimana, berbagai gunung di tanah air menjadi salah satu tujuan para pendaki baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tak terkecuali yang berasal dari Kota Solo atau Surakarta, Jawa Tengah.

Ketika kita mencari gunung di Solo di internet, mungkin banyak postingan lain yang muncul terkait dengan kata kunci.

Misalnya sebagai agen PO. Gunung Yang Mulia, nama toko perdagangan peralatan berjalan secara kredit, tempat sewa sepatu lari bekas, sewa alamat atau sewa kostum, sewa jaket.

Ada juga penjual alat dan perlengkapan mendaki gunung, celana diskon, toko emas gunung, Mt. Sari, Gn. Wijil, &c.

Supaya tidak bingung dengan daftarnya, berikut kami rangkum beberapa gunung yang ada di kota Solo khusus untuk Anda. Apa namanya? Kita lihat!

1. Gunung Besek

Foto oleh @kotasala

Jika dibandingkan dengan beberapa gunung lain di wilayah Solo Raya seperti Merbabu, Andong dan Lawu, ketinggian Gunung Besek mungkin tidak ada apa-apanya.

Namun, setiap tempat pasti memiliki sisi menarik masing-masing. Meski ketinggiannya tidak seberapa, Gunung Besek tetap mempesona! Tak kurang dari Gunung Cumbri di Purwantoro.

Setibanya di sini, Anda akan dibuat takjub dengan luasnya pegunungan di sekitar Wonogiri dan wilayah Jawa Timur yang terbentang indah.

Foto oleh @wonogirikita

Lereng-lerengnya juga membentuk lekukan-lekukan artistik, yang bila dipandang sebagai sabana. Saat musim kemarau tiba, perpaduan semua pemandangan tersebut akan membuat Anda serasa sedang mengunjungi Perbukitan Sumba.

Ketinggian Gunung Besek memang tidak seberapa, namun justru itulah yang membuatnya menarik. Karena untuk sampai ke tempat ini, Anda tidak perlu lelah mendaki.

2. Gunung menempel pada

Foto oleh @peter_tono

Bagi warga Solo dan sekitarnya yang ingin menikmati keindahan matahari terbitsekarang Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang dikenal dengan nama Gunung Pegat.

Gunung Pegat terletak di Dusun Klile, Ds. Karangasem, Kec. Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Jarak dari pusat kota Surakarta sekitar 27 km dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam dan sangat dekat dengan objek wisata Bendungan Colo.

Bepergian ke Gunung Pegat paling baik dilakukan dengan kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum yang langsung menuju ke sana.

Foto oleh @singgih17

Meski ada embel-embel gunung di namanya, tenang saja. Anda tidak perlu khawatir mendaki berjam-jam untuk sampai ke puncak.

Pasalnya, puncak Gunung Pegat hanya berada di ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Jadi untuk melihat keindahannya matahari terbit Anda bahkan tidak perlu mencapai titik tertinggi.

3. Gunung jeruk nipis

Foto oleh @explorekabkaranganyar

Gunung Gamping baru-baru ini menjadi viral. Bukan karena meletus atau aktif kembali seperti Merapi dan Gunung Agung di Bali. Tapi mengapa itu memberikan untuk melihat selfie menarik bagi wisatawan.

Banyak orang yang mengunggah foto mereka saat berada di gunung ini ke media sosial. Hal ini pula yang membuat nama Gamping semakin populer.

Selain itu, Gunung Gamping juga sering dijadikan sebagai tempat latihan oleh vertikal pencarian tim penyelamat dan menyelamatkan (SAR) bagi siswa yang mencintai alam (Mapala).

Sesuai dengan namanya, kawasan ini merupakan kawasan pegunungan yang didominasi oleh batugamping atau gamping. Letaknya di pinggir jalan raya Matesih-Tawangmangu dan hanya sekitar 1 jam dari kota Solo.

4. Gunung lawu

Foto oleh @jo.chryst

Dengan ketinggian sekitar 3265 meter di atas permukaan laut, Gunung Lawu menempati 3 kabupaten yaitu Ngawi dan Magetan (Jawa Timur), kemudian Karanganyar, Jawa Tengah.

Status gunung saat ini pasif atau disebut juga tidak aktif, sehingga sangat nyaman untuk dijadikan destinasi wisata atau petualangan alam. Tak sedikit pendaki dari Solo, Bandung, Semarang, Tangerang atau sekitarnya datang untuk menyaksikan keindahannya.

Menurut catatan, Lawu terakhir meletus pada akhir abad ke-18, sekitar tahun 1835. Meski begitu, pada puncaknya aktivitas vulkanik masih terlihat, karena munculnya uap air dan belerang.

5. Gunung Merbabu

Foto oleh @id.pejalankaki

Merbabu merupakan salah satu gunung api purba yang meletus pada tahun 1560 dan 1797. Namun sekarang untuk melihat Ini ternyata menjadi favorit para pendaki Indonesia.

Gunung Merbabu terletak di 3 wilayah Jawa Tengah yaitu Semarang, Boyolali, Magelang dan hanya sekitar 56 menit dari kota Solo. Berada di ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut, tampak megah sejajar dengan Merapi.

Seperti halnya Gunung Prau, gunung ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, baik yang sekedar ingin menikmati suasana alam, berfoto selfie maupun mendaki. Kemegahannya bisa kamu lihat dari jalan tol Semarang-Salatiga!

6. Gunung Merapi

Foto oleh @jogjaseni

Merapi merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini dan hadir menawarkan berbagai sensasi wisata yang menarik dan sangat cocok untuk berpetualang.

Gunung yang terletak di perbatasan Boyolali, Jawa Tengah dan Yogyakarta ini sudah terkenal di seluruh pelosok Nusantara bahkan dunia. Popularitasnya kerap membuat namanya masuk dalam teka-teki silang.

Foto oleh @gunungbanget

Tidak hanya terkenal dengan letusannya, tetapi juga sejarah mistis yang melingkupinya. Lokasinya bisa dibilang cukup unik, yaitu mencakup 2 provinsi dan 4 kabupaten sekaligus. Dari kota Solo, hanya membutuhkan waktu 57 menit untuk mencapai Boyolali.

Nah, itulah beberapa gunung yang ada di sekitar kota Solo. Setiap orang punya sisi menariknya masing-masing, kan? Jadi, mana yang paling ingin kamu kunjungi?

Apakah Anda punya rekomendasi lain?? Komen di bawah ya guys!

Catatan: Semua data di atas adalah data terbaru pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Anda perhatikan, beri tahu kami agar kami dapat segera memperbaikinya.

Bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis dan ingin dimasukkan ke dalam artikel di atas, silahkan isi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Leave a Comment