Home » Traveling » 10 foto burung termahal yang tertangkap di dunia pada tahun 2022 Harga jenis suara

10 foto burung termahal yang tertangkap di dunia pada tahun 2022 Harga jenis suara

Selain anjing, kucing, ikan dan kelinci, burung juga merupakan salah satu hewan yang sering dipelihara oleh manusia. Banyak yang suka beternak burung karena warna bulunya yang bagus, tingkahnya yang lucu dan menggemaskan, suara kicaunya yang merdu atau karena keunikan lainnya.

Setiap burung memiliki pesona tersendiri, termasuk burung murai batu. Burung murai batu atau disebut juga kucica hutan merupakan jenis burung yang memiliki suara kicau yang bagus. Oleh karena itu, mereka juga disebut raja burung berkicau di negeri ini. Habitat aslinya di dunia tersebar di pulau Jawa, Sumatera dan Semenanjung Malaysia.

Mereka juga dibagi menjadi beberapa jenis yang berbeda. Setiap jenis memiliki harga yang berbeda-beda pula, dari yang mahal hingga yang murah. Itu semua tergantung pada kualitas, semakin sering memenangkan persaingan, semakin mahal harganya. Di Indonesia, burung murai termahal ditawari hingga 4 Milyar lho.

Lantas apa saja jenis burung murai termahal di Indonesia tahun 2022? Mari kita lihat dulu:

1. Murai Batu Sabang

Harga: BRL 5.000.000 – BRL 8.000.000

foto oleh: bukubiruku.com

Sesuai dengan namanya, murai jenis ini berasal dari kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam. Mereka memiliki ukuran tubuh yang proporsional dan suara yang nyaring. Ekornya lebar dan panjangnya mencapai 20 cm. Belum lagi, mereka adalah spesies murai batu yang agak langka. Warna tubuh didominasi warna hitam, putih dan orange.

Nah, dengan segala keunikan yang dimiliki, tak heran jika harga dari gagang batu jenis ini cukup mahal. Harga pasarannya berkisar 5 jutaan hingga 8 juta rupiah, namun ada juga yang menjual puluhan juta jika kualitasnya sangat bagus. Dengan harga segitu, sudah bisa dipastikan pegangan batu jenis ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan, kan!

2. Murai Batu Bahorok

Harga: BRL 3.000.000 – BRL 5.000.000

foto oleh: omkicau.com

Ada lagi jenis murai batu yang agak langka yaitu murai batu bahorok. Sesuai dengan namanya, murai jenis ini berasal dari kawasan Bahorok Taman Nasional Gunung Leuser, provinsi Sumatera Utara. Populasinya cukup langka, jadi jangan heran jika harganya fantastis.

Untuk anakan burung ini, harga pasarannya berkisar antara 3 sampai 5 juta rupiah. Sedangkan burung murai dewasa bisa mencapai puluhan juta rupiah per ekor! Jadi, bagi yang ingin membeli burung murai jenis ini, pastikan Anda merawatnya dengan baik!

3. Murai Batu Lampung

Harga: BRL 1.700.000 – BRL 2.500.000

foto oleh: infobdl.com

Kucica hutan ini memiliki tubuh yang kecil dengan ekor yang relatif lebih pendek dibandingkan jenis lainnya dengan panjang 12 hingga 18 cm. Suara yang bisa dihasilkan sangat indah dan khas. Selain itu, mental dan staminanya juga bagus sehingga tidak mudah lelah.

itu hanya mental pejuangIni cukup lemah karena mereka cepat takut jika mereka menemukan burung yang lebih kuat. Jadi jika mereka ingin ditantang, pola pikir mereka harus dilatih untuk lebih dewasa.

Harga jualnya cukup tinggi, namun masih bisa terjangkau oleh banyak orang. Harga anakan ayam bervariasi dari 450 ribu hingga 800 ribu, sedangkan yang dewasa bisa mencapai 2,5 juta per ekor. Tentu saja, harga Anda bisa naik karena kualitas naik.

4. Murai Batu Aceh

Harga: BRL 1.600.000 – BRL 2.000.000

foto oleh: Burung Cantik.com

Murai Aceh memiliki tubuh yang kecil dengan ekor yang panjang, bahkan mencapai 20 hingga 30 cm. Meskipun tubuh mereka relatif kecil, kekuatan tempur mereka sangat bagus dan suara mereka juga nyaring. Burung ini memiliki suara kicau yang nyaring, bahkan terkadang terdengar seperti suara tembakan. Volumenya sadis banget!

Sesuai dengan namanya, jenis hutan kucica ini berasal dari provinsi Aceh khususnya daerah Tangse (Piedie), pegunungan Seulawahsabang, Lhoong dan Keude Bieng. Harganya lumayan tinggi, tapi masih bisa terjangkau oleh banyak orang lho.

5. Gagang Batu Nias

Harga: BRL 1.400.000 – BRL 2.000.000

foto oleh: Burung Cantik.com

Meski disebut murai batu nias, burung ini cukup sulit ditemukan di daerah asalnya, bahkan lebih banyak ditemukan di Mentawai, Sibanang, Simeulue dan lain-lain. Burung ini memiliki postur tubuh yang relatif kecil, seperti murai batu di Lampung. Ekornya berukuran panjang 17 hingga 20 cm dengan warna hitam pekat.

Keuntungan dari tangkapan jenis ini adalah suaranya yang lebih tinggi. Mereka juga mampu menirukan suara burung murai lainnya dengan sangat cepat, lho. Selain itu, mereka juga merupakan burung yang cepat beradaptasi dan tidak mudah stres. Nah, salah satu hewan peliharaan yang tidak mengganggu pemiliknya!

6. Murai Batu Irian

Harga: BRL 2.000.000 – BRL 3.000.000

foto oleh: Burung Cantik.com

Jika dilihat secara fisik, terutama warna bulunya, burung murai Irian Jaya sebenarnya sangat berbeda dengan jenis lainnya. Tidak seperti kucikas hutan lainnya yang memiliki bulu hitam dan oranye, jenis ini cenderung gelap dan satu warna di seluruh tubuhnya. Namun, ujung bulunya sedikit berminyak, hijau mengkilat.

Ekor yang mereka miliki cukup panjang, mencapai 35 cm, meski tubuhnya cukup kecil. Selain di Indonesia, burung ini bisa Anda temukan di Thailand, China, dan Burma bagian selatan.

7. Murai Batu Medan

Harga: BRL 700.000 – BRL 1.500.000

gambar oleh: Burung Cantik.com

Banyak yang bilang kalau jenis kucica hutan ini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Mereka terkenal dengan kecantikan kulit dan warna tubuhnya. Hal ini membuat mereka sangat populer di kalangan manusia, sehingga populasi mereka di alam liar berkurang drastis. Daerah itu sebenarnya bukan Medan, melainkan berbagai tempat di Aceh dan Semenanjung Malaysia.

Mantelnya bisa mencapai panjang 27 hingga 30 cm. Selain itu, mereka memiliki kebiasaan meluruskan ekor hingga menyentuh kepala saat bernyanyi.

8. Gagang batu Jawa

Harga: BRL 1.300.000 – BRL 1.700.000

foto oleh: animal.com

Burung murai batu jawa merupakan salah satu jenis hewan yang hampir punah, sehingga sebenarnya sangat jarang ditemukan di pasaran. Burung ini unik, artinya bulu-bulu di kepalanya akan naik dan membentuk seperti jambul ketika mengeluarkan suara.

Burung ini hampir punah akibat maraknya penebangan hutan secara liar dan perburuan yang tidak terkendali. Di masa lalu, mereka dapat ditemukan di Jawa Timur.

9. Batu Murai Kalimantan

Harga: BRL 600.000 – BRL 2.000.000

foto oleh: hobbybird.org

Burung murai batu kalimantan atau kalimantan terbagi menjadi tiga jenis yaitu Banjar, Palangka dan Mahkota. Burung yang berkualitas memiliki warna bulu coklat muda pada bagian dada dan kakinya berwarna agak hitam atau agak kemerahan. Selanjutnya, tatapannya juga tajam.

10. Murai Bordan

Harga: BRL 400.000 – BRL 3.500.000

foto oleh: harga.web.id

Burung murai bordan merupakan hasil perkawinan antara murai medan jantan dan murai kalimantan betina. Hal ini membuat mereka sangat unik dengan kombinasi karakter dari dua spesies yang berbeda.

Ini adalah beberapa jenis kucica termahal dari hutan di Indonesia beserta gambarnya. Bagi yang penasaran dengan suara kicaunya bisa coba cek atau unduh dari internet.

Bagi para pecinta burung, berbagai jenis burung murai di atas bisa menjadi alternatif pilihan untuk dipelihara. Jika Anda telah menyimpannya, pastikan untuk merawatnya dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan vitamin secara rutin.

Juga, jangan lupa untuk melatih mereka menjadi pintar sehingga mereka dapat memenangkan persaingan. Semakin sering Anda memenangkan persaingan, semakin mahal harga jualnya.

Apakah Anda punya rekomendasi lain?? Komen di bawah ya guys!

Catatan: Semua data di atas adalah data terbaru pada saat artikel ini ditulis. Jika ada perubahan terbaru yang Anda perhatikan, beri tahu kami agar kami dapat segera memperbaikinya.

Bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis dan ingin dimasukkan dalam artikel di atas, silahkan isi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Leave a Comment