Home » Traveling » 10 foto burung termahal di dunia tahun 2022

10 foto burung termahal di dunia tahun 2022

Burung merupakan salah satu hewan yang sering dipelihara oleh manusia, selain anjing, kucing, ikan dan kelinci. Banyak orang suka memelihara hewan yang disebut manuk dalam bahasa Jawa ini karena berbagai alasan termasuk warna bulunya yang bagus, suara kicaunya yang merdu, keanehan tubuhnya atau mungkin perilakunya yang menggemaskan.

Ada banyak jenis burung yang sering diperdagangkan di dunia ini. Tidak hanya untuk koleksi pribadi, berbagai jenis burung juga bisa dibudidayakan untuk kemudian dipasarkan kembali dengan harga yang menguntungkan lho. Juga, jika mereka dilatih untuk gacor.

Bagi pecinta burung, menghabiskan banyak uang untuk membeli burung mahal bukanlah masalah. Tak hanya itu, bahkan banyak orang yang rela melatih burungnya agar bisa memenangkan kontes tertentu dan bisa dijual dengan harga yang lebih mahal lagi, lho!

Nah, penasaran apa saja burung termahal di dunia 2022 beserta gambar dan harganya? Mari kita lihat dulu:

1. merpati balap

Harga: BRL 1.000.000.000 – Rp. 1.200.000.000

foto oleh: merdeka.com

merpati balap atau merpati balap menduduki peringkat pertama sebagai burung termahal di dunia. Meski warna bulunya tidak terlalu menarik, burung ini memiliki keunikan lain yang membuat harganya sangat fantastis. Burung ini merupakan salah satu yang tercepat di dunia karena memiliki banyak prestasi di kejuaraan burung. Salah satunya adalah rekor Olimpiade Usain Bolt.

Di Indonesia, burung ini juga banyak diperdagangkan, terutama di kalangan pecinta burung. Harganya juga sangat fantastis, Anda harus merogoh kocek minimal satu miliar rupiah untuk bisa membelinya. Diduga, bahkan pada tahun 2013 lalu ada seekor merpati pos yang dijual seharga 84 miliar hingga 90 miliar rupiah lho!

Bagi yang ingin memiliki burung Belgia ini harus siap merawatnya dengan baik agar bisa memenangkan kompetisi.

2. Elang Emas

Harga: BRL 300.000.000

foto oleh: gerava.com

Elang emas atau golden eagle adalah sejenis burung yang berasal dari Republik Ceko. Burung jenis ini termasuk salah satu jenis elang terbesar di dunia dengan berat mencapai 9 kg. Bulunya berwarna hitam dan sebagian kepalanya berwarna kuning jika terkena sinar matahari. Ini mungkin alasan di balik nama elang emas.

Di Republik Ceko, elang ini biasanya digunakan oleh penduduk setempat untuk berburu. Meski paling sering ditemukan di berbagai negara di belahan bumi utara, ternyata ada warga Semarang yang memiliki hewan ini lho. Keberadaannya cukup langka di Indonesia, sehingga harganya sangat tinggi, mencapai 300 juta rupiah!

3. Kakatua Palem Hitam

Harga: BRL 226.000.000

foto oleh: alamenah.org

Kakatua Palem Hitam, juga dikenal sebagai Kakatua Raja atau Kakatua Jambul Hitam, adalah burung berbadan besar dengan bulu dan jambul hitam yang eksotis. Pipi merah mereka juga unik bagi mereka. Tingginya kurang lebih 60 cm saat tumbuh. Jenis burung ini memakan kacang-kacangan, termasuk kenari.

Kakatua raja adalah spesies burung langka dan biasanya ditemukan di hutan hujan Australia dan Papua Nugini. Nah, dengan keunikan dan keberadaannya yang langka, tak heran jika harganya fantastis, mencapai 224 juta rupiah di pasaran, kan!

4. Toucan

Harga: BRL 70.000.000

foto oleh: ebird.org

Berbeda dengan beberapa jenis sebelumnya, burung toucan merupakan salah satu burung yang memiliki warna menarik di sekujur tubuhnya. Warnanya yang indah, mencolok dan memiliki suasana tropis yang menarik banyak orang. Tak hanya itu, paruh juga menjadi kunci keindahan burung ini.

Populasi terbesar berada di kawasan Amerika dan Karibia. Di seluruh dunia, setidaknya ada 40 spesies burung ini tersebar. Anda juga bisa menemukannya di berbagai kebun binatang di Indonesia. Dengan warna-warna indah di tubuhnya, tak heran jika burung ini harganya sangat mahal, mencapai 70 juta rupiah!

5. Macaw Biru

Harga: BRL 17,000,000

foto oleh: ebird.org

Macaw hyacinth adalah spesies burung beo terbesar di dunia yang memiliki habitat di Amerika, terutama di selatan dan timur. Bagi yang suka menonton film Rio di Disney atau bermain game Angry Birds pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis burung yang satu ini. Sebab, eceng gondok merupakan wujud asli tokoh utama, lho.

Warna kulitnya juga sangat mengesankan, yaitu biru bercampur hitam. Mereka dapat tumbuh hingga 1 meter dan berat hingga 3,5 kilogram. Burung ini termasuk salah satu spesies langka karena masih diburu untuk diperdagangkan. Harga minimal 17 juta rupiah!

6. Flamingo

Harga: BRL 14.100.000

foto oleh: lifepal.co.id

Bagi kebanyakan orang, Anda mungkin tidak asing dengan jenis burung yang satu ini, yaitu flamingo. Karena burung ini sudah sering ditampilkan di film dokumenter, acara televisi atau di berbagai kebun binatang di Indonesia.

Hewan ini merupakan salah satu burung terindah di dunia. Tentu saja, pesonanya ada pada warna kulitnya dan fisiknya yang tinggi dengan kaki yang panjang. Tubuh unik mereka memungkinkan mereka terbang sejauh 35 mil hanya dalam satu jam. Harganya juga sangat mahal, mencapai di atas 14 juta rupiah!

7. Scarlet Tanager

Harga: BRL 12,500,000

foto oleh: merdeka.com

Ada lagi, jenis manuk yang unik warna kulitnya, yaitu tanager merah. Seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas, mereka memiliki pola tubuh berwarna merah dan sayap serta ekor berwarna hitam. Selain itu, burung yang hidup di zona oak adalah hewan yang cukup cerdas, lho. Nah, jangan heran kalau harganya terlalu mahal ya!

8. Baltimore Oriole

Harga: BRL 12.000.000

gambar oleh: brilio.net

Baltimore oriole atau oriole utara adalah manuk yang memiliki habitat di wilayah utara bumi. Mereka memiliki jubah di lengan baju mereka seperti Raja Baltimore, maka nama Baltimore Oriole. Keunikan lain yang ada pada spesies ini adalah suaranya yang merdu, terutama jantan.

9. Kardinal Merah

Harga: BRL 11.000.000

foto oleh: youtube.com

Sesuai dengan namanya, burung ini memiliki bulu berwarna merah. Habitatnya tersebar di seluruh belahan bumi utara. Tubuhnya cukup kecil, hanya 12 cm dan berat 85 gram. Tidak seperti biasanya, burung jambul merah ini ternyata merupakan hewan yang setia pada pasangannya lho.

10. American Goldfinch

Harga: BRL 10,700,000

foto oleh: id.depositphotos.com

Goldfinch Amerika, atau goldfinch timur, adalah jenis burung yang memiliki warna kuning pada bulu dan hitam pada sayap. Mereka kebanyakan ditemukan di Amerika Utara.

Ini dia beberapa nama burung termahal di dunia berikut foto dan harganya. Bagi para kolektor manuk, mungkin beberapa tipe di atas bisa menjadi alternatif pilihan untuk dipelihara, lho. Jika penasaran dengan suara kicau atau celotehnya, bisa coba cek di youtube untuk file mp3 atau video, bahkan ada yang bisa didownload juga.

Jika Anda membeli salah satu manuk di atas, jangan lupa untuk memiliki kandang dan kebutuhan lainnya. Untuk pemula yang ingin memelihara manuk dengan anggaran terbatas, masih banyak tipe lain dengan harga murah yang tak kalah cantik lho. Beberapa di antaranya adalah burung hantu, kacer, murai batu, cucak hijau, labet atau parkit, perkutut, pleci, dll.

Apakah Anda punya rekomendasi lain?? Komen di bawah ya guys!

Catatan: Semua data di atas adalah data terbaru pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Anda perhatikan, beri tahu kami agar kami dapat segera memperbaikinya.

Bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis dan ingin dimasukkan dalam artikel di atas, silahkan isi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Leave a Comment