Home » Traveling » 10 foto bonsai serut termahal tahun 2022 di dunia indonesia

10 foto bonsai serut termahal tahun 2022 di dunia indonesia

Bagi sebagian orang, mengoleksi dan merawat tanaman bisa menjadi hobi. Ada banyak tanaman yang bisa Anda beli untuk disimpan di rumah. Namun, tidak semua orang ingin membeli yang sudah jadi. Ada sebagian orang yang ingin menanam dari awal untuk memberikan kepuasan batin tersendiri.

Salah satu tanaman yang disukai banyak orang adalah bonsai. Nah, bonsai adalah tanaman yang ditebang dan ditaruh di dalam pot. Banyak jenis pohon bonsai yang orang suka tawarkan dengan harga yang sangat mahal lho. Diduga, termahal di dunia bisa mencapai 5 miliar!

Tanaman ini juga banyak dicari oleh pecinta tanaman kerdil karena umurnya yang panjang. Diduga, pohon bonsai bisa hidup hingga ratusan tahun lho. Pohon ini tidak mudah mati, sehingga banyak yang ingin membuatnya sendiri, bahkan merawatnya.

Salah satu tanaman yang bisa dijadikan bonsai adalah pohon serut. Pohon serut merupakan pohon kecil, buahnya sangat kecil berwarna kehijauan, dan dapat berbunga. Pohon serut juga mudah ditemukan di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya seperti Malaysia, Laos, Nepal, Filipina, Thailand, Sri Lanka, Vietnam, Kamboja, India, Nepal, dan Bhutan.

Di Indonesia sendiri, pohon serut bukanlah tanaman yang dilindungi atau langka sehingga mudah ditemukan dan menjadi salah satu rekomendasi untuk bonsai. Tanaman ini bisa Anda temukan di beberapa daerah antara lain Sumatera, Jawa, Madura, Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil dan Maluku. Jika pohon serut adalah bonsai, namanya akan berubah menjadi bonsai serut.

Bonsai serut merupakan tanaman yang memiliki karakter dapat menggugurkan daunnya pada waktu-waktu tertentu, seperti musim kemarau, untuk mengurangi penguapan sehingga kadar air tidak berkurang. Ternyata, beberapa bonsai serut bisa dijual dengan harga yang sangat mahal lho.

Nah, penasaran apa saja bonsai serut termahal di tahun 2022 berikut foto dan harganya? Ayo, lihat dulu.

1. Bonsai dengan tali merah

Harga: BRL 3.500.000 – BRL 5.000.000

foto oleh: sobatbonsai.blogspot.com

pohon cukur merah (pinggiran cina atau Loropetalum) merupakan salah satu jenis yang paling dikenal oleh masyarakat, terutama oleh mereka yang menyukai tumbuhan. Sesuai dengan namanya, red zest memiliki bunga berwarna merah, salah satu yang terindah. Ini adalah hal unik yang membedakan serut merah dengan serut liar.

Tanaman ini memiliki batang berwarna putih dengan daun agak lonjong. Banyak yang menggunakan serutan merah untuk dijadikan bonsai lho. Kalau beli pohon yang sudah jadi dan besar pasti harganya lebih mahal, bahkan bisa mencapai jutaan.

Nah, harga yang agak mahal ini bisa Anda tipu hanya dengan membeli bibitnya saja, yang hanya berkisar Rp. 10.000 hingga R$30.000 dan dibudidayakan sendiri di rumah.

2. Bonsai Cukur Liar

Harga: BRL 1.000.000 – BRL 3.500.000

foto oleh: bennisobekti.com

Ini adalah tanaman serut yang biasa ditemukan di alam, sesuai dengan namanya. Tanaman ini memiliki nama latin Streblus Asper. Ciri yang paling umum di antara mereka adalah warna batang yang pucat dan keras. Selain itu, mereka juga memiliki daun yang lebih kecil, berwarna hijau dan memiliki tekstur yang kasar dan tidak beraturan. Buahnya berwarna hijau.

Di alam liar, tanaman ini juga bisa hidup ratusan tahun lho, apalagi di lingkungan yang lembab. Umurnya yang panjang menjadikan tanaman ini sebagai bonsai. Kalau beli pohon serut liar yang sudah dibonsai, harganya bisa mencapai jutaan.

Nah kalau mau lebih murah bisa beli bibit atau pohonnya saja lho di kisaran harga Rp. 15.000 hingga BRL 40.000. Hal ini tentu sangat menguntungkan, apalagi jika Anda ingin belajar cara menanam sendiri. Ada banyak cara menanamnya di internet dan mudah diikuti.

3. Bonsai Serut Pria

Harga: BRL 400.000 – BRL 1.000.000

foto oleh: sobatbonsai.blogspot.com

Nah, jika bonsai serut ini didapat dari pohon serut lanang. Ada perbedaan mencolok yang Anda ketahui antara tipe ini dan varian lainnya. Perbedaan mencolok ini terdapat pada batangnya, dimana serutan lanang memiliki batang yang berduri, sehingga jika dilihat sekilas mirip dengan pohon kaliage atau jeruk.

Namun, pohon jeruk memiliki batang yang berwarna hijau, berbeda dengan lanang potong yang batangnya tetap berwarna coklat. Oleh karena itu, tidak sulit untuk membedakannya dengan jeruk. Harganya juga relatif lebih murah karena bonsai berkisar antara 400 ribu hingga 1 juta rupiah.

4. Arung Jeram Bonsai dengan Cord

Harga: BRL 2.500.000

foto oleh: bloggerbonsai.blogspot.com

Lalu ada bonsai serut gaya rakit sebagai salah satu yang paling mahal. Nama bonsai ini diambil dari bentuk patungnya, yaitu: arung jeram. arti dari arung jeram Ini menggambarkan bagian batang yang sudah tua dan jatuh ke tanah, meskipun bisa tumbuh kembali. Jadi, bisa dilihat pada foto di atas, sebagian batangnya berada di dalam tanah dan sebagian sudah tumbuh kembali.

Sepintas, menurut orang awam, itu tidak penting. Namun, sebenarnya bagi pecinta seni dan tumbuhan, melihat model seperti ini akan memberikan kepuasan tersendiri bagi Anda. Harganya juga lumayan mahal, mencapai 2,5 juta per pot! wow, um gaya itu yang terbaik.

5. Bonsai serut jumbo

Harga: BRL 1.200.000

foto oleh: tokopedia.com

Sesuai dengan namanya, bonsai serut ini memiliki ukuran yang sangat besar bahkan lebih besar, yaitu jumbo. Jadi ini salah satu jenis bonsai serut terbesar dan tertinggi ya. Bisa dilihat pada foto di atas, batangnya sangat tebal dan besar, sedangkan daunnya kecil. Ukurannya yang besar membuat harganya cukup tinggi, mencapai 1,2 juta rupiah!

6. Bonsai dengan Senar Penjing

Harga: BRL 2.550.000

gambar oleh: bennisobekti.com

Ada lagi, seni lain dalam pembentukan tanaman bonsai serut, yaitu gaya penjing. Padahal, Penjing adalah asal mula bentuk-bentuk yang dimiliki oleh tumbuhan ini. Dalam bahasa Mandarin, Penjing berarti pemandangan di dalam pot. Proses pembuatannya yang cukup sulit membuat pabrik ini cukup mahal, ya, mencapai di atas 2,5 juta rupiah!

Meski begitu, bagi pecinta tanaman, hal ini bisa menjadi kepuasan tersendiri jika dilihat atau bahkan dibeli lho.

7. Bonsai karang tergores

Harga: BRL 3.000.000

foto oleh: bennisobekti.com

Nah, jika model ini adalah bonsai serut yang ditanam di atas batu, bisa dilihat pada foto di atas. Tanaman sejenis ini menjadi salah satu primadona di Surabaya beberapa waktu lalu, lho. Cara membuatnya juga cukup sulit, jadi jangan heran jika banderol harganya mahal. Wow, kedengarannya cukup menarik ya?

Ini dia beberapa jenis bonsai serut termahal tahun 2022 berikut harga dan fotonya. Bentuknya yang unik dan cocok untuk pecinta tanaman. Jadi, bagi pecinta tanaman, Anda bisa membelinya langsung di toko yang menjual tanaman. Namun, jika Anda ingin menanam dari awal, ada banyak toko yang menjual benih dengan harga lebih murah.

Bagi yang memutuskan untuk memelihara bonsai serut, pastikan untuk merawatnya sebaik mungkin. Pastikan mereka mendapatkan banyak sinar matahari, air secara teratur, pupuk, pop up, dan pastikan terlindung dari hama! Untuk pemula, tanaman ini bisa menjadi pilihan yang baik karena tidak membutuhkan banyak perawatan.

Selain di toko konvensional, Anda juga bisa membeli dari berbagai website nasional secara online. Anda bisa membeli bibit atau tanamannya secara langsung. Perlu diketahui bahwa harga yang tercantum di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Harga juga dapat bervariasi tergantung pada kualitas dan untuk setiap sumber yang berbeda.

Apakah Anda punya rekomendasi lain?? Komen di bawah ya guys!

Catatan: Semua data di atas adalah data terbaru pada saat artikel ini ditulis. Jika ada perubahan terbaru yang Anda perhatikan, beri tahu kami agar kami dapat segera memperbaikinya.

Bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis dan ingin dimasukkan dalam artikel di atas, silahkan isi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Leave a Comment